PDP UHT lahirkan 109 Perwira Muda Transportasi Laut

PDP UHT lahirkan 109 Perwira Muda Transportasi Laut

Searah program pemerintahan Ir.Djoko Widodo Presiden RI, Indonesia menjadi poros Maritim Dunia, Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya selaku Perguruan Tinggi Swasta bersertifikasi ISO-9001:2015, IWA 2: 2007 “Excellent Quality For Blue Campus”, hari ini mencetak dan melahirkan Perwira baru pelaut yang Handal dan profesional.

Diharapkan kehadiran perwira baru tersebut akan mampu menutupi kebutuhan tenaga Perwira Pelaut dalam negeri yang sampai saat ini masih kurang, menurut data akhir Ditkapel Kemenhubla RI. kebutuhan perwira pelaut profesional berkisar kurang dari 15-20 ribu orang di setiap tahunnya, dan menurut data Annual Manning Report dilansir Drewry Firma Konsultan pelayaran di London UK, Pelaut Profesional di dunia saat ini ada 615.000, dan tercatat masih kekurangan 15.000 orang / tahun. Di tahun 2019 Perwira Pelaut dunia di perkirakan masih kekurangan 42.500 orang, ini dapat di lihat dari proyeksi pertumbuhan Kargo sebesar 7 % selama kurun waktu 5 tahun kedepan.

Hal tersebut diatas di sampaikan oleh Capt. Setyobudi Santoso. SH. MH., M.Mar, selaku Wakil Direktur I bidang akademik PDP, mewakili Direktur PDP Dr. Ir. Puji Santoso, MM. di hadapan Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman, S.IP.,S.E.,M.AP. selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam acara Upacara Pelantikan Perwira Muda Transportasi Laut ( Bon Voyage ) ke 46 di Lapangan apel Gedung PDP (P. Manterawu) UHT, Keputih Sukolilo Surabaya. Rabo,13 September 2017.

Sejalan dengan kebutuhan tersebut diatas, UHT di kenal dengan Kampus Laut Biru nya lewat prodi Program Diploma Pelayaran (PDP), telah berhasil kembali mencetak dan meluluskan lagi sejumlah 109 Tarunanya, terdiri 38 jurusan Nautika, 32 jurusan Teknika dan 39 Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) untuk menjadi Perwira Muda Transportasi Laut,

Dalam pidato amanat Irup kepada Perwira pelaut PDP UHT di Bon Voyage 46 yang baru serta kepada Staf Dosen penggajar di tekankan, “Para perwira Pelaut yang baru akan berhasil jikalau berani meninggalkan Zona nyaman / Out of the Box, Berani mengarungi Samudera, karena Pelaut andal dan profesional akan lahir dari pelaut sejati yang berani mengarungi lautan dan menerjang ganasnya ombak samudera. Itulah kemampuan dan arti makna Profesionalisme pelaut akan di Uji. PDP haruslah selalu meningkatkan lagi kualitas mutu pendidikan nya kearah standar Nasional dan Internasional, sebagaimana tata cara yang telah di atur oleh Badan pengembangan sumber daya manusia Kementrian Perhubungan Laut serta mandapat Approval sesuai STCW Manila 2010.”

Kategori lulusan terbaik Nautika adalah Sri Wahyuni, putri pasangan Bapak Mohammad Zainal dan Ibu Atmi (IPK 3,76). Teknika Dika Purnama, putra pasangan Bapak Warsono dan Ibu Lestari (IPK 3,48) dan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) Nomi Kurniasari putri pasangan Bapak Suyarno dan Ibu Sumiati (IPK 3,64).

Hadir dalam acara Bon Voyage ke 46 / 2017, Wakil Rektor (WR) I Dr. drg.,Dian Mulawarmanti, MS, WR II dr. Hadi Soesilo, Sp.M, WR III Ir. Sudyantoro Hadi, M.Si. Dekan Fakultas, Dosen dan seluruh Kasatker UHT serta Pengurus Inti Harian Yayasan Nala selaku yayasan pengelola UHT, Undangan Orang Tua / wali Taruna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *