Taruna Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya manfaatkan Simulator Bridge yang Baru.

Taruna Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya manfaatkan Simulator Bridge yang Baru.

Serasa kita berada di dalam ruangan kabin anjungan Kapal sesungguhnya, dengan sensasi goyang nya, sambil diterpa Hujan dan Badai lautan dan melihat pemandangan alam laut lepas, begitu kita berada di dalam ruangan Drill Simulator Bridge milik Prodi Pelayaran Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, menikmati alat simulator seharga 7,8 M.

Taruna PDP saat ini bolehlah merasa bangga dan lega, di karenakan sudah memiliki alat simulasi latihan praktek (Latek) pengendali Kapal milik sendiri, kondisi alat gres dan baru. Peralatan Simulator anjungan kapal yang baru ini berlokasi di ruang kelas khusus, Lantai II Gedung P.Mantorawi, Gedung utama Program Diploma Pelayaran (PDP) Universitas Hang Tuah di Keputih Surabaya.

Menurut Direktur PDP-UHT Dr. Pudji Santoso, Ir., MM. dirinya beserta jajaran akademisi PDP sangatlah berterimakasih kepada pengurus Yayasan Nala beserta Rektor UHT, dengan dilengkapinya fasilitas Laboratorium penunjang Latek Taruna pada saat ini, dan alat inilah yang selalu di idam idamkan dan di nantikan oleh segenap para Taruna calon Perwira Pelaut muda.

Menurut Direktur prodi Pelayaran ini, dirinya berkomitmen akan selalu terus berjuang berinofasi untuk pengembangan ke tiga prodinya Nautika, Tekhnika dan KPN. Dengan jalan menyempurnakan dan melengkapi beberapa sarana dan prasarana alat bengkel Latek Taruna yang sudah ada saat ini, Bengkel Las, Engine Room Ship, Bengkel Bubut, Bengkel Listrik dan masih dalam wacana ke depan Bengkel Radar kapal yang masih belum terealisasi. Menurutnya kesemuanya tersebut diatas bertujuan pokok untuk pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (Iptek) yang bernuansa kemaritiman bagi para Taruna PDP.

Menurut Ari Sriantini, A.md., ANT-II., M.Pd Wakil Direktur III sekaligus Instruktur Simulator Bridge , keberadaan alat latih ini adalah untuk praktek para Taruna calon Perwira Pelaut pemula, untuk belajar mengaplikasikan teori ilmu kelas yang telah di dapatkannya di kampus, untuk di praktekkan Taruna dalam bernavigasi, menguasai keadaan alat dalam simulasi dengan di beri beban Soal soal problem oleh Instruktur Dosen menjalankan kapalnya di lautan lepas.

Menurut Taufan Wardana Komandan Batalyon Taruna PDP, dirinya bersama Teman teman mahasiswa seangkatannya di perkuliahan PDP merasa sangat senang dan enjoy, karena segala sarana fasilitas perkuliahan di lengkapi, serta Mahasiswa berprestasi di Hang Tuah pun akomodir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *