Ilmuwan Universitas Hang Tuah Studi Banding di Bulukumba untuk Uji Riset

Ilmuwan Universitas Hang Tuah Studi Banding di Bulukumba untuk Uji Riset

Bila kita melihat peta Topografi Pulau Sulawesi tepat berada di ujung kaki kiri dari badan pulau, di lokasi tempat inilah kita akan melihat sebuah kota kabupaten yang terkenal di dunia memiliki sejarah panjang berkaitan dengan Galangan Kapal Kayu tradisional Phinisi.

Lokasi tempuh perjalanan Darat dari kota Makassar menuju Bulukumba akan memakan waktu kurang lebih 4 (Empat) Jam perjalanan, dengan jarak tempuh jelajah Darat 160 Km.

Tanah Berau, Bulukumba Sulawesi Selatan, adalah lokasi Central industri pengrajin  dengan keahliannya membuat sebuah kapal perahu Kayu Tradisional untuk angkut Barang dan Penumpang.

Keahlian penduduk aseli Bulukumba dalam menciptakan dan memproduksi kapal kayu di dapatkan secara turun temurun sejak jaman Nenek Moyang nya terdahulu hingga sampai sekarang.

Menurut Dr. Ir. Akhmad Basuki Widodo. M.Sc, Dosen Teknik Perkapalan Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, selaku Peneliti dan Pencipta Kapal Laminasi Bambu, dirinya berkeinginan untuk penyempurnaan lebih lanjut, sekaligus mengembangkan lebih mendalam Risetnya dalam pembuatan Kapal Laminasi Bambu yang telah berhasil diproduksi dan di ciptakan nya hingga berhasil masuk Rekor Muri Nasional untuk kategori Hak karya Cipta pembuatan Kapal dari bahan Laminasi Bambu.

Menurut dirinya, dia bersama timnya berkeinginan kembali akan membuat Kapal sejenis dengan kategori Kapal Penumpang, Kapal Ikan dan Kapal Barang yang Gross Tonase (GT) nya lebih besar lagi yaitu seberat 25 Gt.

Diakui bahwa sebelumnya dirinya bersama tim telah berhasil merampungkan pembuatan Kapal sejenis, dengan beban berat tonage 5 GT dan 10 GT di lokasi galangan Kapal Banyuwangi Jawa Timur.

Baru baru ini Doktor lulusan ITS angkatan 2009, bersama rombongan tim kembali selesai melakukan lawatan Studi Banding langsung dari lokasi galangan pembuatan Kapal Phinisi di Tanah Berau Bulukumba Sulawesi Selatan, bersama Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman. SE., S.IP., M.AP. Wakil Rektor (WR) II UHT dr. Hadi Susilo. Sp.M. WR III Ir. Sudiantoro Hadi. M.Si, serta Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) UHT. Dr. Drs.Viv Djanat P,M. AppSc. serta Ka. Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Nur Yanu Nugroho. ST., M.T. dan Sekjur prodi Teknik Perkapalan FTIK. Ali Munazid.ST.,MT. sekaligus  Kepala Laboratorium Simulasi dan Pemodelan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *