Anniversary 31” Prodi Oseanografi UHT rayakan Ulang Tahunnya dengan menanam 300 batang Pohon Mangrove di Wonorejo.

 

Oceanography Anniversary 31” Prodi Oseanografi UHT rayakan Ulang Tahunnya dengan menanam 300 batang Pohon Mangrove di Wonorejo. www.hang tuah.ac.id  

Minggu, 08 April 2018. Prodi Oseanografi FTIK (Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya merayakan hari jadinya yang ke-31dengan menanam 300 batang bibit pohon Rhizophora  di area konservasi mangrove MIC (Mangrove Information Center) Wonorejo Rungkut Surabaya.

MIC (Mangrove Information Center I) dan MIC II Wonorejo Rungkut Surabaya termasuk dalam kawasan konservasi Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, di dalamnya berisi wahana wisata alam, jogging track sejauh 500 meter dan 200 meter, wisata kuliner sekaligus area konservasi alam Pamurbaya hutan lindung Mangrove seluas 20 Ha, di dalamnya berisi 42 species jenis burung dan 2 species mamalia.

Sebanyak  42 Mahasiswa UHT angkatan 2015-2017 bersama Dosen pendamping Dr. Nirmalasari Idha W., S.Pi., M.Si  dan 30 Siswa siswi dari SMA Hang Tuah I, II & V Surabaya beserta guru pendamping, merayakan hari jadi prodi Oseanografi UHT, yang ke-31 tersebut, dengan ikut serta dalam penanaman 300 bibit batang Pohon Mangrove sebagai bentuk kegiatan Pengabdian pada Masyarakat.

Kegiatan positif ini didasari ide dari sejumlah mahasiswa tergabung Himpunan Mahasiswa Oseanografi UHT.  Sebelum acara penanaman bibit batang muda pohon Mangrove di lokasi MIC II dimulai, bertempat di pendopo MIC I, dilaksanakan penyerahan secara simbolis bibit batang pohon mangrove oleh perwakilan Pengelola MIC kepada Dekan FTIK Dr. Drs. Viv Djanat P., M.AppSc., dan perwakilan Guru pendamping peserta dari SMA Hang Tuah I Muhammad Nursyam, S.pd, SMA Hang Tuah 2 Shofiaturrohmatin, S.pd., MM.  dan SMA Hang Tuah 5 Setyonugroho, ST. dan Mauidah Khasanah S.pd. untuk ditanam secara resmi di area MIC II Wonorejo,  dan dilanjutkan dengan pemberian materi kuliah umum dari Kepala Pusat Karir Kerjasama dan Humas, sekaligus Dosen pendamping Mahasiswa, Dr. Nirmala Idha Wijaya, S.Pi.,M.Si dengan materi tentang  Pengenalan Jenis Vegetasi Mangrove serta Lingkungan Pendukungnya.

Menurut Dekan FTIK, “Kegiatan memperingati  Ulang Tahun Prodi Oseanografi UHT yang ke 31, kali ini sengaja di acarakan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat dan peduli lingkungan, dan sekaligus ini adalah sebuah momentum bersamaan dengan peringatan Dies Natalis Universitas Hang Tuah Surabaya yang ke-31”.

Muhammad Abdul Zain, Ketua Hima Oseanografi UHT menyatakan, Hima Oseanografi sengaja menggandeng adik adik SMA untuk dikenalkan lebih dekat pada lingkungan alam sekitar, utamanya mereka diajak untuk andil bersama ikut melestarikan alam habitat pohon Mangrove Rizhopora yang berakar tunggang di wilayah perairan pantai.

Hal senada dibenarkan oleh perwakilan Guru SMA Hang Tuah 2, selaku pendamping siswa Shofiaturrohmatin, S.pd.,MM dan juga Annisa Aprillia kelas 10 IPA 4 dan Rezhita kelas 10 IPA 5 SMA Hang Tuah selaku perwakilan siswi peserta, sehari hari selama ini mereka selalu diakrabkan dengan kebisingan kota dan lingkungan Mall, akan tetapi kali ini mereka beda, mereka sangat berterimakasih kepada panitia yang telah mengajak dan memperkenalkan lebih dekat dengan lingkungan hijau, kawasan habitat alam Flora dan Fauna yang sesungguhnya. “Selamat Ulang Tahun ke 31 Oseanografi UHT”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *