Hari Pelaut sedunia dirayakan di Universitas Hang Tuah www.hangtuah.ac.id

Hari Pelaut sedunia dirayakan di Universitas Hang Tuah www.hangtuah.ac.id

Tanggal 25 Juni merupakan Hari Pelaut Sedunia, yang di tetapkan oleh IMO (International Maritime Organization) Organisasi Maritime di bawah naungan bendera PBB sejak 1958.

Sejak 18 Januari 1961 Indonesia menjadi bagian dari anggota IMO. Moment bersejarah Maritim ini di rayakan dengan Upacara oleh Taruna / Taruni Program Diploma Pelayaran (PDP) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, di lokasi Lapangan Apel gedung utama PDP P.Materawu, Kampus Laut Biru Universitas Hang Tuah Keputih, Surabaya. Kamis, 28 Juni 2017.

Bertindak selaku Inspektur Upacara di Hari Pelaut Sedunia, adalah Rektor UHT, Dr.Ir. Sudirman.S.IP., SE., M.AP dan upacara diikuti oleh barisan Drum Band Genderang suling Gita Jala Taruna PDP, serta seluruh Taruna Taruni PDP.UHT.

Sambutan Rektor di hadapan peserta upacara dan para Tamu undangan yang hadir :

IMO di tahun 2018 menyoroti “SEAFERER WELLBEING” perihal kesejahteraan maksimal Materi maupun Mental para pelaut, dikarenakan sampai saat ini masih terdapat 60% pelaut yang bekerja dikapal-kapal nasional kehidupannya masih sangat memprihatinkan akibat dengan gajinya yang masih sangat rendah bahkan di bawah standar.

Ini terjadi karena masih banyak pelayaran nasional yang tidak memberikan gaji yang layak serta belum adanya standar pengupahan sektoral yang ditetapkan oleh pemerintah. Perlindungan pelaut masih sangat minim, terutama yang berkaitan dengan keamanan dan keselamatan pelayaran. Masih banyak kapal kapal yang tidak menyediakan alat keselamatan yang memadai, akan tetapi masing sering memaksakan kehendak untuk bermuatan yang melebihi batas kapasitas (overload), sehingga akan berdampak akan terjadinya kecelakaan di laut bebas, sehingga menimbulkan banyak korban jiwa.

Dunia telah mengakui sangat berharganya kontribusi pelaut bagi perdagangan Internasional dan bagi Ekonomi. Hampir 90 prosen komoditi bahan makanan, bahan bakar minyak dan bahan bahan kebutuhan pokok manusia di distribusikan nya lewat jalur laut. Oleh karena itu sudah selayaknya para Pelaut mendapatkan penghargaan atas kerja keras mereka.”

Hadir dalam Upacara, Wakil Rektor (WR) I UHT, Dr. Dian Mulawarmanti, drg.,M.S. WR II UHT, dr. Hadi Susilo, Sp.M. WR III UHT, Ir. Sudyantoro Hadi, MSi. Para Dekan, Direktur PDP, Ketua Pengawas Yayasan Nala Drs. Didik Suhari, M.AP, Pengurus inti harian Yayasan Nala, perwakilan Undangan Syah Bandar Surabaya, Politekpel Surabaya, Distrik Navigasi Surabaya, perusahaan pelayaran Spill, dan Sekolah menengah pelayaran Surabaya.  Ks.humas@uht.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *