FTIK UHT selenggarakan Seminar Nasional Kelautan ke XIII www.hangtuah.ac.id

FTIK UHT selenggarakan Seminar Nasional Kelautan ke XIII www.hangtuah.ac.id

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Prof Syarief Widjaja, Ph.D., FRINA hadir di acara Seminakel (Seminar Nasional Kelautan) XIII sebagai Keynote Speaker, bersama pembicara utama lain Kepala LPM (Lembaga Penjamin Mutu) UHT (Universitas Hang Tuah) Surabaya dan sekaligus sebagai Dosen tetap prodi Perikanan UHT Surabaya Dr. Ir. Nuhman, M.Kes. Dengan dibantu Moderator Ir. Rudi Siap Bintoro, M.T. Acara Seminakel XIII yang diselenggarakan oleh FTIK (Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan) UHT Surabaya berjalan dengan Sukses dan lancar.

Acara Seminar Nasional Kelautan ke XIII yang berlangsung di Gedung Graha Samodra Ganesha (GSG) P. Benggala Kampus Laut Biru UHT Keputih Surabaya mengambil tema Implementasi Hasil Riset Sumber Daya Laut dan Pesisir dalam rangka mencapai Kemandirian Ekonomi Nasional.

Dalam pidato sambutannya, Dr. Ir. Ninis Trisyani, M.P selaku Kepala LPPM (Lembaga Penelitian Pada Masyarakat) UHT sekaligus sebagai Ketua Panitia pelaksana Seminakel XIII menyampaikan: “Seminar ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan acara Dies Natalis UHT ke 31, dan yang lebih menarik acara ini di dalamnya mempresentasikan 139 Artikel dari berbagai materi bidang Ilmu: Sosial, Ekonomi, Budaya, Hukum dan Kelembagaan, Ilmu Kelautan dan Lingkungan, Perikanan dan Teknik, dan kesemuanya akan dipresentasikan oleh pemakalah peserta Seminakel XIII yang berlangsung pada hari Kamis, 12 Juli 2018.

Peserta Seminakel XIII yang hadir kali ini berasal dari berbagai latar belakang Disiplin Ilmu: Lembaga Instansi peneliti Balai Riset di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Peneliti LIPI, Akademisi, Praktisi dan Mahasiswa dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sumsel, Sulsel, Kalbar dan Kalteng.

Direncanakan hasil dari Seminakel XIII, akan segera dibukukan dalam bentuk Prosiding dan segera akan didistribusikan langsung ke Perpustakaan Nasional di Jakarta, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Balai Besar Riset di lingkungan Kementrian Kelautan Perikanan, dengan harapan hasil dari Prosiding Seminakel XIII, akan dapat di jadikan acuan oleh para Stake Holder Kelautan dan Perikanan, para Peneliti serta Akademisi.

Acara Seminakel XIII UHT dibuka oleh Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.A.P. Dalam sambutannya, Rektor berharap Hasil Implementasi dan Inovasi Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang telah dilakukan oleh para Peneliti dan Akademisi bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan pada akhirnya mereka akan mempunyai kemampuan dalam menciptakan kemandirian Ekonominya.

Seminar Kelautan ini sudah merupakan agenda acara rutin tahunan UHT. Dan ini sejalan dengan Program pemerintah Indonesia pada saat ini, yaitu berkeinginan untuk mandiri dalam mengelola sumber Daya Laut dan Pesisir.”  Menurut Rektor kegiatan ini sudah tepat sekali bila panitia mengambil tema: Implementasi Hasil Riset Sumber Daya Laut dan Pesisir dalam rangka mencapai Kemandirian Ekonomi Nasional ks.humas@uht

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *