Asosiasi RINA UK, berikan gelar dan perhatian pada Penelitian Kapal Laminasi Bambu Dosen Teknik Perkapalan UHT Surabaya. www.hangtuah.ac.id

 

Asosiasi RINA UK, berikan gelar dan perhatian pada Penelitian Kapal Laminasi Bambu Dosen Teknik Perkapalan UHT Surabaya.  www.hangtuah.ac.id

RINA (Royal Institution Of Naval Architecs) berkedudukan di Shouthampton UK (United Kingdom) melalui perwakilan delegasi Mr. Trevor Blakelay C. Eng FRINA FI Mar., EST. FI., McchE, selaku Chief Executive berkunjung ke Surabaya di dampingi Prof. I Ketut Ariya Priya Utama, M.Sc., P.HD., C. Eng., FRINA Guru besar ITS perwakilan asosiasi RINA Indonesia. Baru baru ini Ilmuwan arsitek perkapalan RINA UK tersebut berkunjung ke Prodi Teknik Perkapalan, FTIK (Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan) UHT (Universitas Hang Tuah) Surabaya, Keputih Surabaya Jawa Timur, Senin 06 Agustus 2018.

RINA merupakan asosiasi lembaga kemasyarakatan International, beranggotakan professional Arsitek perkapalan, Desainer perkapalan, Konstruksi perkapalan, perbaikan, perawatan dan pemeliharaan perkapalan dengan cakupan organisasinya yang luas tergabung di RINA melalui perwakilannya di seluruh Dunia.

Melalui keanggotaannya di seluruh dunia, lewat Publikasi, Konverensi, RINA menyediakan fasilitas interaksi hubungan baik dengan Industri Perkapalan, Universitas dan Organisasi Kemaritiman di seluruh Dunia.

Prodi Teknik Perkapalan FTIK-UHT di tahun 2018, lewat penelitiannya Dr. Ir. Akhmad Basuki Widodo,M.Sc, Dosen Tetap FTIK, telah menerima 3 (Tiga) buah anugerah Hibah Utama Dana Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari Kemenristek Dikti (Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi) RI untuk kegiatan penelitian dan pengembangan Bambu sebagai bahan baku utama pembuatan bangunan Kapal Ikan dan Penumpang jarak dekat antar pulau.

Ke 3 (tiga) Dana Hibah utama tersebut meliputi Penelitian Unggulan Strategis Nasional (PUSN) Merancang bangun kapal Laminasi Bambu untuk ukuran 3 (Tiga) GT-10 GT dengan system KNOCDOWN. Berada di pelabuhan Kalianget Sumenep Madura, menggunakan Dana Hibah Penelitian Insentif Sistem Nasional(INSINAS) dan di lokasi Paciran Lamongan Jawa Timur menggunakan skema HI-LINK, yaitu pembelajaran tentang  cara pembelajaran pembuatan kapal berbahan dasar laminasi Bambu penumpang kepada Masyarakat .

Mr. Blakeley sangat berkesan dan kekagumannya pada UHT, ini terlihat setelah dirinya melihat dari dekat proses pembuatan kapal Laminasi Bambu menggunakan system KNOCKDOWN , menurutnya ini merupakan satu terobosan baru di dunia Ilmuwan perkapalan dan menurutnya ini sangat positip dan perlu untuk di kembangkan lebih lanjut, dirinya akan bantu ikuti terus memantau perkembangannya.

Dilokasi Gd. Work Shop P. Sebetul FTIK UHT lokasi tempat pengerjaan kapal Laminasi Bambu, Mr. Blakeley menerima Cindera mata miniature kapal Laminasi Bambu, kapal 5 GT , dan ini adalah cikal bakal pengembangan kapal penumpang system Knockdown  yang berada di Sumenep Madura. Cindera mata Rektor UHT Dr.Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.AP , diserahkan langsung oleh Dekan FTIK Dr. Drs. Viv Djanat Prasita, M. A.ppSc.

Dalam kunjungannya di UHT, setelah dirinya melihat dari dekat keberadaan kapal ikan 5 GT berbahan Laminasi Bambu yang berada di depan Gd. Graha Samodera Ganesa. P. Benggala, kampus Laut Biru UHT, dia sangat berharap agar Inovasi yang di dapatkan oleh Dr. Ir AB. Widodo ini terus dikembangkan lebih lanjut, agar masyarakat luas kedepannya kelak dapat memproduksinya secara massal.

Dilokasi Kelas perkuliahan bersama Gd. P. Selaru, UHT, Mr. Blakeley berkesempatan untuk memberikan kuliah tamu kepada perwakilan Dosen FTIK yang hadir serta sejumlah Mahasiswa FTIK prodi Teknik Perkapalan dengan materi Perkembangan Asosiasi RINA di dunia Internasional.

Usai memberikan materi kuliah Tamu di hadapan Mahasiswa FTIK Teknik Perkapalan, Chief Executive RINA, Mr. Trevor Blakelay C. Eng FRINA FI Mar., EST. FI., McchE, berkenan memberikan sertifikat lisensi anugerah gelar kehormatan FRINA kepada Kepala BP.2 UHT, Dr. Bagiyo Suwarsono, ST., MT.,FRINA. selaku Dosen tetap Teknik Perkapalan FTIK . ks.humas@uht.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *