Uji Kompetensi Programmable Logic Controler di Teknik Electro FTIK-UHT. www.hangtuah.ac.id

 

Uji Kompetensi Programmable Logic Controler di Teknik Electro FTIK-UHT. www.hangtuah.ac.id

Proses Uji Kopetensi sertifikasi yang dilakukan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) Elektronika Nasional sebagai Assesor yang ditunjuk resmi oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) kepada 200 Mahasiswa  semester VII & V Prodi Teknik Electro FTIK (Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan) UHT (Universitas Hang Tuah) Surabaya yang selesai lakukan tugas Youdisium akhir berakhir sukses.

Kedatangan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Elektronika Nasional Surabaya di Prodi Teknik Electro FTIK (Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan)  UHT (Universitas Hang Tuah) Surabaya dalam rangka kerja sama dengan Laboratorium TIK jurusan Teknik Elektro FTIK untuk melakukan Uji kopetensi Mahasiswanya Prodi Teknik Elektro dengan melakukan Uji skema “Pemasangan control Industri berbasis PLC” selama 3 (Tiga) hari Selasa,Rabu & Kamis 7-9 Agustus 2018.

Pelaksanaan uji kopetensi kali ini di lakukan secara Transparan dan terbuka  dengan tujuan akhir agar Asesor mendapatkan bukti autentik relevan dan akuntabel, sebagai data akhir penilaian untuk masa sekarang/ terkini serta dapat dijadikan dasar penilaian, apakah mahasiswa bersangkutan sudah kompetibel atau belum terhadap permasalahan dan jenis materi problem uji tes yang di berikan. dengan harapan tujuan kelak kelulusan mahasiswa teknik Elektro UHT kedepannya punya bekal Surat Keterangan pendamping Ijazah (SKPI) seperti yang telah di amanatkan oleh Undang Undang Kemenristek Dikti.

5 (Lima) orang Asesor ditunjuk selaku tim penguji dari LSP, 3 (Tiga) berasal dari ITS (Institut Tenkonologi Sepuluh November), dan 2 (Dua) orang dari Universitas Trunojoyo Madura. Merekalah nantinya yang akan merekomendasikan hasil nilai mahasiswa yang diuji untuk di teruskan kepada BNSP selaku pemegang resmi lisensi Lembaga Sertifikat Profesi Elektronika Nasional.

Menurut Kepala Prodi Teknik Elektro FTIK selaku Kepala TUK (Tempat Uji Kopetensi PLC) Iradiratu Diah PK, ST., MT, “Uji kompetensi menjadi hal yang sangat penting, mengingat dengan tantangan kerja pada saat ini yang semakin komplek dan persaingan sesama calon tenaga kerja yang semakin banyak, maka dibutuhkan Mahasiswa yang mempunyai persiapan matang dan memiliki kopetensi kuat. Sehingga hasil Uji Kopetensi ini kedepannya bisa menjadikan bekal bukti bahwa Mahasiswa Prodi Teknik Electro FTIK UHT benar benar sudah siap jika sewaktu waktu terjun kerja di dunia nyata.”

 Lanjutnya, “ Program ini adalah pertama kalinya baru dilaksanakan, untuk itu Teknik Elektronika FTIK UHT akan tetap meneruskan kebijakan yang telah baik dan berjalan ini untuk periode kelulusan tahun tahun berikutnya.”

Bertempat di Lab TIK jurusan Teknik Elektro FTIK, Gedung kuliah bersama P. Selaru, dilaksanakan acara penandatanganan perjanjian kerjasama bersama Dua pihak, antara LSP Elektronika Nasional dengan Prodi Teknik Elektro FTIK UHT, dengan penandatangan perwakilan Prodi Teknik Electro FTIK UHT Dr. Viv Djanat Prasita, M.App.Sc, selaku Dekan FTIK UHT dan Prapto Rusianto, M.Si., Psi Direktur utama LSP Electronika Nasional Surabaya. Rabu,7 Agustus. ks.humas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *