Rektor UHT membuka Resmi acara Seminar Dan Temu Ilmiah Nasional Psikologi Kemaritiman “ Kesehatan Mental Masyarakat Pesisir “ www.hangtuah.ac.id.

Rektor UHT membuka Resmi acara Seminar Dan Temu Ilmiah Nasional Psikologi Kemaritiman “ Kesehatan Mental Masyarakat Pesisir “ www.hangtuah.ac.id.

Sejalan dengan agenda Nawa Cita Kepala Negara, Presiden RI, Ir. Joko Widodo yang berkeinginan menjadikan Indonesia sebagai Negara Poros Maritim Dunia, maka dihadapan 200 (Dua Ratus) orang peserta Seminar Nasional Psikologi Kemaritiman, Komandan Gugus Tempur Laut (Dan Guspurla) Komando Armada (Koarmada) II Laksma TNI Erwin S. Aldedharma. SE., MM., M.SC, mewakili Panglima Koarmada II Laksda TNI Didik Setiyono. SE., MM, menjadi Keynote Speaker pada acara Seminar dan Temu Ilmiah Nasional Psikologi Kemaritiman yang dimotori oleh Fakultas Psikologi UHT (Universitas Hang Tuah) Surabaya, di Gedung Graha Samudera Ganesa (GSG) Pulau Benggala UHT, Keputih Surabaya pada hari Rabu, 28 Agustus 2018.

Lewat amanat tertulis Panglima yang dibacakan oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Dan Guspurla) Koarmada II, memaknai pokok intisari dari pembahasan “ Psychological Well Being Masyarakat Maritime”  adalah: Untuk melihat sebuah kemajuan dan pertahanan dari sebuah wilayah negara adalah: kita bisa mengamatinya secara tuntas perkembangan sebuah wilayah desa pesisir pantai, dan desa pinggiran yang letak lokasi geografisnya tepat berada di garis terdepan pada sebuah wilayah pantai dan kepulauan, dari kondisi mutu kesejahteraan lokasi lingkungan dan penduduknya.

Oleh sebab itu Panglima berpesan, sebagai seorang konseptor maupun aparat yang mempunyai hak wewenang dan peranan penting dalam menentukan sektor pembangunan, sarana dan prasarananya, serta mental kehidupan bangsa, janganlah sekali kali melupakan dan mengabaikan kepentingan umum dari lingkungan pembangunan masyarakat desa pinggiran maupun pantai.

Melengkapi pembahasan dari Keynote Speaker Dan Guspurla Koarmada II, ketua panitia pelaksana acara Seminar, Dr. Windah Riskasari, M.Si., Psi, Dosen Fakultas Psikologi UHT, Seminar dan Temu Ilmiah Nasional Psikologi Kemaritiman kali ini sengaja menghadirkan 2 (Dua) orang Ilmuwan pakar nara sumber pembicara: 1. Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si., Psikolog selaku Ketua Ikatan Psikologi Klinis Pusat. 2. Drs. Kusnadi MA, Antropolog Maritim dan sebagai penulis buku tentang Kemaritiman, Serta Moderator Akhmad Fauzi, M.Psi., Psikolog.

Hadir mendampingi Rektor dalam acara: Wakil Rektor (WR) I UHT Dr Hj. Dian Mulawarmanti drg, MS. WR II Hadi Soesilo. Sp.M., Sp.KL, Dekan Fakultas Psikologi, Drs. Ahmad Burhan Wijaya. M.Si., Psikolog, Dekan FKG, Direktur PDP, Dosen, Ketua Himpsi (Himpunan Psikolog Indonesia) Jawa Timur, Pengurus Yayasan Nala, Kasatker UHT, serta peserta Seminar dari perwakilan Akademisi, Psikolog dan Mahasiswa jurusan Psikologi .

Seminar dan Temu Ilmiah Nasional Psikologi Kemaritiman serta Work Shop & Call for Paper dengan tema “ Psychological Well Being Masyarakat Maritime”  dibuka resmi oleh Rektor UHT Dr. Ir Sudirman, S.IP., SE., M.AP dengan melakukan tanda pemukulan Gong.    ks.humas@uht.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *