Knock Down sebuah terobosan baru bangunan Kapal Laminasi Bambu UHT. www.hangtuah.ac.id

Knock Down sebuah terobosan baru sistem bangunan Kapal Laminasi Bambu UHT. www.hangtuah.ac.id

Kekaguman 2 (Dua) orang Review dari Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) & Insentive Riset Sistem Inovasi Nasional (Insinas) dari Kementrian dan Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jakarta di Gedung Pulau Sebetul (Work Shop) FTIK UHT lokasi dan tempat pengembangan produksi rancang bangun Kapal Ikan dan Penumpang jarak dekat untuk antar pulau, ukuran 3 (Tiga) GT-10 GT dengan dasar bangunan kapal dari bahan Laminasi Bambu, bukannya sebuah isapan jempol tanpa dasar sebab dan sebuah alasan yang jelas.

Kehadiran 2 pakar ilmuwan dan peneliti dari Kemenristekdikti Jakarta ke lokasi Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya saat ini memang dirasa sangat penting dan benar adanya, dikarenakan saat ini sudah ada 4 (empat) buah Perguruan Tinggi negeri dan swasta yang berada di Surabaya telah mendapatkan kucuran Dana Hibah Utama dari Negara melalui Kemenristekdikti di bidang Penelitian Unggulan Strategis Nasional yang didalamnya adalah termasuk Kampus Laut Biru Universitas Hang Tuah (UHT) Keputih, Surabaya. Kamis, 11 September 2018.

Kedatangan Direktur Pengembangan Teknologi Industri dari Kemenristekdikti Dr. Eng. Hotmatua Daulay, M.Eng., B.Eng di dampingi Dr. Ratih Damayanti, S.Hut., M.Si dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) serta Kepala Seksi Pengembangan Teknologi Industri Kesehatan dan Obat Ulfah Widyastuti, SE, MM sebagai tim Review dan Monitoring Evaluasi (Monev) dari pusat Kemenristekdikti di Lembaga Penelitian Pada Masyarakat (LPPM) serta lokasi pengembangan produksi bangunan kapal laminasi Bambu, gedung Pulau Sebetul (Work Shop) Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya Jawa Timur, dapatlah dijadikan sebuah angin segar, bagi pengembang industri perkayuan dan Bambu, serta bagi pengembang industri perkapalan. Kedatangan tim Review dan Monev di sambut oleh Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.AP, Wakil Rektor III UHT, Ir. Sudyantoro Hadi, M.Si, Kepala LPPM Dr. Ir. Ninis Trisyani., MP, Kepala Humas UHT Dr. Ir. AB. Widodo., M.Sc. Kepala BAAK UHT, Nur Yanu Nugroho, ST., MT.

Melalui sebuah riset dan penelitian ilmiahnya pada pengembangan budi daya Bambu untuk dijadikan sebagai bahan baku utama dasar pengganti Kayu, yang dirasa kedepannya barang dan mutu kayu semakin hari semakin langka. Untuk itu Dr. Ir. Akhmad Basuki Widodo,M.Sc, dosen Tetap Prodi Teknik Perkapalan FTIK-UHT, bertekad, melalui sebuah inovasinya: Bambu bisa dijadikan sebagai bahan dasar utama pengganti bahan baku kayu untuk pembuatan sebuah bangunan dasar Kapal Ikan dan Penumpang untuk route jarak dekat antar kepulauan, di pelabuhan Kalianget Sumenep Madura dan Lamongan.

Menurut tim Review setelah dirinya melihat langsung dari dekat lokasi proses pembuatan rancang bangun kapal Laminasi Bambu dengan cara system Knock Down, dirasa prosesnya sangat simple, sederhana dan cepat, tim kagum dan berharap agar Inovasi yang di dapatkan oleh pria kelahiran Trenggalek ini bisa terus dikembangkan lebih lanjut, agar masyarakat luas kedepannya kelak dapat ikut serta menikmati hasil karyanya dan bisa ikut memproduksinya secara massal.

Menurutnya ini sebuah terobosan baru lahir di dunia Ilmuwan perkapalan, timnya akan ikut membantu memantau perkembangan dan melaporkan hasilnya ke menteri, dan sebelum tim melakukan monev di lokasi Work Shop, dilakukanlah sosialisasi Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) & Insentive Riset Sistem Inovasi Nasional (Insinas) kepada seluruh Dosen UHT yang hadir di ruang Seminar gedung Pulau Enggano Rektorat UHT. ks.humas@uht.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *