Serah Terima Jabatan Tambur Mayor Taruna PDP UHT. www.hangtuah.ac.id

Serah Terima Jabatan Tambur Mayor Taruna PDP UHT. www.hangtuah.ac.id

Parade Surya Senja adalah sebuah tradisi upacara pelaut yang kali ini dilaksanakan oleh Program Diploma Pelayaran (PDP) UHT untuk periode Satu tahun sekali dalam pelaksanaannya, dan jadwal kegiatan acaranya biasa dilaksanakan bertepatan dengan acara serah terima jabatan Komandan Batalyon Korps Taruna, Dan biasanya dilaksanakan pada waktu sore hari saat matahari senja mulai tenggelam condong di ufuk barat.

Upacara Parade Surya Senja, kali ini digelar di lapangan Batalyon Korps Taruna Program Diploma Pelayaran (PDP) tepatnya di halaman Gedung Pulau Manterawu Universitas Hang Tuah (UHT) Keputih, Surabaya, Jawa Timur, pada hari Rabu, 10 September 2018.

Serah terima jabatan Komandan Batalyon Korps Taruna PDP, dari pejabat lama Muhammad Taufan Wardana (Taruna Madya Korps Nautika) kepada penggantinya Komandan Korps Taruna PDP yang baru Aan Toto Susilo (Taruna Muda Korps Teknika) berlangsung sangat meriah.

Wakil Rektor (WR) III UHT Ir. Sudyantoro Hadi., M.Si selaku Inspektur upacara mewakili Rektor UHT Dr.Ir. Sudirman, S.IP.,SE.,M.AP. dalam kesempatan acara, secara simbolis berkenan melakukan prosesi penanggalan Tanda Jabatan Komandan Batalyon Korps Taruna PDP dari pejabat Taruna yang lama, untuk disematkan kepada pejabat Taruna yang baru.

Berkaitan dengan acara kegiatan tersebut di atas, telah dilaksanakan pula prosesi acara penyematan tali slempang jabatan Tambur Mayor Drum Band Korps Gita Jala Sena Taruna PDP-UHT kepada pengawak Mayoret baru, Arjun Arsi Rusar (Taruna Muda Korps KPN) yang dilanjutkan dengan tradisi acara penyerahan resmi satu set alat Drum Band Korps Gita Jala Sena Taruna PDP-UHT dari pengawak yang lama Taruna tingkat II angkatan ke 30, kepada generasi baru pengawak alat Taruna tingkat I angkatan ke 31.

Dalam Pidato amanat Irup di hadapan seluruh peserta upacara dan tamu undangan yang hadir: “ Serah terima jabatan di lingkungan Korps Taruna adalah merupakan sebuah sarana estafet jenjang kepemimpinan dalam berorganisasi di Korps Taruna PDP.

Menjadi pejabat dalam lingkungan Korps Batalyon Taruna PDP, sesungguhnya adalah merupakan sebuah sarana amanat bagi Taruna untuk belajar memimpin di sebuah organisasi. Agar kedepannya yang bersangkutan dapat belajar untuk mengembangkan Ide wawasan, kreatifitas yang dimiliki, sehingga akhir pada saat nya nanti, ilmunya dapat di jadikan sebuah bekal pelajaran di dalam organisasi yang sesungguhnya.”

Acara Upacara Parade Surya Senja Korps Taruna PDP diakhiri dengan Demo atraksi Tarian massal yang diikuti 250 (Dua Ratus Lima Puluh) Taruna dan Taruni angkatan 31 dan 32 PDP UHT, mereka bergoyang bersama tarian Maumere, Tari Kecak dan Manuk Dadali serta Demonstrasi Display Drum Band Gita Jala Sena Korps Taruna PDP-UHT di hadapan hadirin undangan kehormatan yang hadir, yang terdiri dari WR III, Direktur PDP Dr. Ir. Pudji Santoso.,MM, Dekan, Dosen, BEM UHT, Poltekpel Surabaya, Poltekbang Surabaya, Poltek KP Sidoarjo. Ketua PDBI dan keluarga Taruna.

Kadis Penerangan Korps Taruna PDP Bagus Aji (Taruna Muda Korps Nautika) dan Kadis Operasional Korps Taruna PDP Arik Laksosno, (Taruna Muda Korps KPN), “ menuturkan kepada penulis, dirinya berharap kelak kedepannya Kegiatan spektakuler semacam ini oleh pimpinan Kampus dapat di jadikan wahana sebagai agenda promosi objek Wisata Edu Maritim setahun sekali, dapat di kemas dan di pertontonkan kepada masyarakat umum lingkungan Surabaya, kampus dan sekitarnya.” ks.humas@uht.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *