Unair dan UHT selenggarakan Seminar Work Shop Internasional ISBMB. www.hangtuah.ac.id

Unair dan UHT selenggarakan Seminar Work Shop Internasional ISBMB. www.hangtuah.ac.id

“The 23 rd Seminar and 12 nd Congress of Indonesian Society for Biochemistry and Molecular Biology in Conjunction with the 2 nd International Conference”.

Acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan ilmiah yang diselenggarakan oleh Persatuan Biokimia Biologi Molekuler Indonesia (PBBMI) / Indonesian Society for Biochemistry and Molecular Biology (ISBMB) dengan ketuanya Dr. Rahmawati Ridwan, Dra., Apt., MS. dosen Universitas Indonesia.

Kali ini bekerjasama dengan Unair dan Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya melakukan kegiatan pertemuannya di kota Surabaya Jawa Timur, untuk melaksanakan Konferensi Internasional tahunan.

Seminar dan Konferensi dilaksanakan bersama yaitu 23rd ISBMB seminar dan 2nd International Conference “ Collaboration Seminar Of Chemistry and Industry (CoSCI 2018). Dengan mengambil tema: ”Recent Development Of Omics Technology For Human Prosperity”.

Omics adalah suatu istilah sains dan engineering untuk menganalisis interaksi informasi objek biologi pada organism, dengan focus utama meliputi: 1. Informasi mapping obyek seperti: gen, protein dan Ligand. 2. Menemukan hubungan interaksi antara obyek. 3. Menyusun jaringan dan obyek untuk memahami dan manipulasi mekanisme regulatori. 4. Integrasi berbagai Omic.

Melalui kerjasama antara anggota serta bertujuan untuk memperkuat hasil penelitian dan kapasitas sumber daya manusia dalam memanfaatkan mikroba, maka Saintis disatukan dalam Asean net working.

Konferensi international Biochemistry dan Molecular Biologi yang telah  berlangsung di Surabaya, dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang Praktisi dan Akademisi, perwakilan dari berbagai manca Negara: USA, Korea selatan, Malaysia, Thailand, Singapura dan perwakilan dari perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia.

Acara telah berlangsung selama 4 (Empat) hari, mulai 8 – 12 Oktober 2018 dengan nara sumber pembicara dari Luar negeri dan dalam negeri.

206 (Dua Ratus Enam) peserta memadati ruang Garuda Mukti, kampus C lantai V Universitas Airlangga (Unair) untuk mengikuti seminar dan work shop serta Gedung Pulau Nifa Fakultas Kedokteran Kampus Laut Biru Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, dalam acara Gala Dinner Selamat Datang, Kamis, 11 Oktober 2018.

Selaku Ketua Panitia penyelenggara Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih. M.Si. dosen Unair dan sebagai tuan rumah acara Seminar International PBBMI & ISBMB 2018 tahun ini, UNAIR dan UHT Surabaya memegang kunci sukses berlangsungnya acara bertajuk seminar Internasional ini. Untuk itu kedua perguruan tinggi ternama tersebut sepakat mengundang pakar Sains sebagai Keynote Speaker pembicara utama di acara: Prof Sheila Nathan, (UKM) Malaysia, Prof Antonius Suwanto (IPB) Bandung, Prof Rendy Kartika (Lousiana State University), Prof Afaf Baktik (Unair), Prof Fedik Abdul Rantam (Unair), Dr. Sehanat Prasongsuk (Chulalongkorn University) Thailand, Dr. Dessy Natalia (ITB), Prof. Seung Wook Kim (Korea University), Hunsa Punapayak (Cholalangkorn University) Thailand, Prof Yosephin Sri Wulan Manohara (Unair) dan Prof Tri Agus Siswoyo (UNEJ) serta 12 (Dua Belas) nara sumber pembicara participant dari UHT.

Dihadapan peserta seminar yang hadir di acara Gala Dinner Selamat Datang, Wakil Rektor (WR) I UHT, Dr. Dian Mulawarmanti, drg., MS mewakili Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman. S.IP., SE., M.AP, sekaligus selaku wakil ketua Panitya penyelenggara seminar International dalam pidato sambutan mengatakan: “acara ini sengaja dilaksanakan dalam rangka untuk mewadahi para saintis yang terkait dengan ilmu Biologi Molekular. Dan ISBMB sebagai wadah, memfasilitasi para saintis yang peduli dengan perkembangan dunia ilmu  Biokimia, Biologi Molekular, Life Sciences yang bermanfaat terhadap perkembangan kesejahteraan nasional dan berdampak untuk meningkatan kualitas hidup di masyarakat”.

Pemberian piagam penghargaan dari Ketua Panitia pelaksana acara seminar Internasional diberikan kepada 2 (Dua) perwakilan akademisi sebagai pemenang terbaik peserta Seminar dan Work Shop, untuk kategori Oral Presentasi terbaik diraih Dosen dari Institut Teknologi Bandung dan Presentasi Poster terbaik diraih Kepala Laboratorium Biologi Oral FKG UHT, drg. Dwi Andriani., M.Kes. ks.humas@uht.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *