UHT menghadiri Undangan Kemenristekdikti di acara Finalis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018 di Camplong Sampang Madura. www.hangtuah.ac.id

UHT menghadiri Undangan  Kemenristekdikti di acara Finalis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018 di Camplong Sampang Madura. www.hangtuah.ac.id

Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya melalui perwakilan duta mahasiswa yang tergabung di komunitas HTMB (Hang Tuah Model Boat) baru baru ini ikut tampil menghadiri undangan Kemenristekdikti di acara Lomba peserta Finalis Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018 di Camplong Sampang Madura.

Kedatangan 2 tim rombongan mahasiswa UHT di lokasi acara, di dampingi 2 (Dua) Dosen pembimbing UKM Intan Baroroh ST. MT dan Hadi Suyanto ST, selaku konsultan Teknik Elektro.

Menurut Akmal Firdausyah mahasiswa angkatan 2016, “Dirinya dan kawan kawan sekomunitasnya sengaja tampil di acara  lomba KKCTBN Camplong Madura, karena jauh jauh hari sebelumnya tim nya telah mendapat undangan dan dinyatakan lolos seleksi 2x uji paper dan progres 2 (Dua) buah desain kreatif Boatnya untuk kategori Autonomous Surface Vehicle dengan Mistic Boatnya, dan Fuel Engine dengan Lucifier Boatnya oleh panitya penyelenggara”.

“Berbekal ilmu Bonek dirinya bersama kawan kawan serombongannya sengaja melakukan penggalangan dana iuran bersama agar bisa sampai dan tampil bersama peserta lainnya di lokasi acara lomba dengan harapan agar bisa tampil maksimal mengenalkan desain kreatif prototype Boat nya kepada panitya lomba .”

Dibawah kendali Pilot Boat Mochtar Azis mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) UHT 2015 dan Mekanik Boat Alfian Lisdiyanto FTIK UHT 2016 serta Desainer Boat Keken Fatmala FTIK UHT 2016, kategori Fuel Engine Lucifier Boat berhasil melesat jauh meninggalkan 12 (Dua Belas) tim lawan tangguhnya dan sukses menempati posisi juara 2 (Dua), sekaligus menorehkan nama UHT ke tingkat Nasional juara Lomba  Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018 kategori Fuel Engine yang di selenggarakan oleh Kemenristekdikti bekerjasama dengan Politeknik Negeri Madura sebagai tuan rumah saat itu.

Adapun sebagai Juara I untuk kategori Fuel Engine adalah Ubber Alles Roboboat Team I dari Institut Teknologi Nasional Malang, Juara 2 UHT Surabaya dan Juara 3 Matilda dari Institut Teknologi Kalimantan, dan kegiatan lomba KKCTBN 2018 tingkat nasional kali ini diikuti sebanyak 45 tim, 180 peserta dari 25 perguruan tinggi negeri maupun swasta dari seluruh Indonesia.

Sabtu, 17-20 November 2018, usai membuka acara lomba dengan aksi pemukulan Gong dan pengguntingan pita Balon, Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Kemenristekdikti Misbach Fikrianto dengan didampingi Direktur Politeknik Negeri Madura Dr. Arman Jaya, S.T., M.T. dalam pidato sambutannya di hadapan peserta dan tamu yang hadir, Panitya Kemenristekdikti bekerja sama dengan Politeknik Negeri Madura sebagai tuan rumah sengaja mengadakan lomba dilokasi Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Camplong Sampang Madura, dengan tujuan dan harapan: “untuk pengembangan keilmuan di bidang perkapalan, kemaritiman dan pengembangan potensi bakat mahasiswa di bidang desain kreatif industri perkapalan, serta sekaligus untuk mendorong lajunya pengembangan destinasi potensi wisata di pulau Madura pada sektor maritime dan kelautan.”  

Hadir dalam acara Lomba KKCTBN 2018, perwakilan Forkopimda Sampang Madura serta seluruh mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta peserta lomba, Pembina UKM serta dosen pendamping.      ks.humas@uht.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *