Fakultas Hukum UHT & Ubaya serta APVI adakan Pelatihan Viktimologi Dan Konferensi Internasional Viktimologi.

Fakultas Hukum UHT & Ubaya serta APVI adakan Pelatihan Viktimologi Dan Konferensi Internasional Viktimologi. www.hangtuah.ac.id

3rd International Conference and Course on Victimology, Current Development of New Victimology: Interdisciplinary Perpectives, adalah acara seminar International dan pelatihan yang telah diselenggarakan oleh FH Universitas Hang Tuah Surabaya bekerjasama dengan FH-Ubaya (Universitas Surabaya) dan Asosiasi Pengajar Viktimology Indonesia (APVI).

Selasa (27/11), kegiatan kepelatihan dan Konverensi Internasional Viktimologi ke 3 di buka oleh Wakil Rektor (WR) I UHT Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, drg., MS. selaku mewakili Rektor UHT Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.AP. di Shinta room Wyndham Hotel Basuki Rakhmad Surabaya, dan kegiatan acaranya berlangsung dimulai dari tanggal  26 – 28 November 2018.

Dalam sambutan Rektor dibacakan WR I UHT: “ Ucapan selamat datang kepada para peserta pelatihan dan Konverensi Internasional Viktimologi, serta ucapan terimakasih kepada seluruh pemateri selaku nara sumber dan ketua panitya penyelenggara acara, Dr. Soetarno, dr., Sp. THT-KL, Sp.KL., S.H., M.H. atas segala kerjasamanya sehingga acara dapat terselenggara dengan lancar dan sukses. Rektor berharap kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali ini dapat mewujudkan dampak  sisi manfaat bagi perubahan keilmuan Viktimologi kearah yang lebih baik lagi, serta bagi perubahan aturan dan kebijakan peradilan hukum di mata masyarakat.”

Selama 3 hari acara berlangsung, kegiatan Pelatihan dan Konferensi Internasional Viktimologi ini telah melibatkan peneliti dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu, membahas, menganalisa, bertukar pikiran, dalam ruang lingkup tema perkembangan Viktimologi baru, melalui pendekatan Interdisipliner, perkembangan keilmuan baik dari dalam maupun luar negeri kearah perubahan kebijakan yang lebih manusiawi dan lebih baik lagi dalam penanganan kasus permasalahan bagi korban kekerasan, adanya pemberian Hak asasi korban, serta dapat memberi usul masukan bagi penegak hukum dan pemerintah serta berharap kedepannya dapat dijadikan sebagai satu acuan pedoman ilmu dalam menentukan satu kebijakan sikap dalam penanganan kasus korban kekerasan di masyarakat.

Acara Konverensi Internasional Viktimologi berlangsung sukses dan lancar, hadir dalam acara pembukaan WR I UHT, WR II UHT Bambang Sucahyo, drg., Sp.Ort, WR III UHT Ir. Sudyantoro Hadi, M.Si (Han), Dekan FH Dr. Chomariyah, SH., MH, Dekan Psikologi, Drs. Ahmad Burhan Wijaya, M.Si., Psikolog,  Dekan Fisip Herman, S. Sos., M.SM, Dekan FKG, drg. Lita Agustia, M.H. Kes. serta dihadiri 60 peserta undangan perwakilan utusan dari kalangan akademisi prodi Fakultas Hukum Universitas dan Perguruan Tinggi negeri maupun swasta dari seluruh tanah air.

Beberapa kajian topik menarik yang perlu disimak dari sisi keilmuan Victimology & ilmu Hukum yang berhasil dituntaskan oleh beberapa ahlinya sebagai Nara Sumber, baik dari Luar Negeri maupun Dalam Negeri Indonesia sendiri, al: Dept Justice Peter N. Halpern (USA), Mr. Bhanu Prakash Nunna, BA., MA. (OPJGU), India,  Prof. Michael O, Connell. (Australia), Prof Dr. Marc Groenhuijsen. (INTERVICT) Nederland , Dr. Tanya Gibbs (Praque bassed Institute for Democracy 21) dan Dr. Soetarno, dr., Sp. THT-KL, Sp.KL., S.H., M.H. & Dr. Dewi Setyowati (UHT) Indonesia, serta dari pemateri perguruan tinggi U I , Undip, UBAYA, Unsoed dan U. Pancasakti..

Adapun beberapa materi keilmuan Viktimologi dari sisi ilmu Hukum yang di kaji adalah:

– Development of Victimology in Current World, pembicara Prof. Dr. Marc Groenhuijsen. (Nederland)

– History of Victimology in Indonesia and Developments of Attention to Victim, Prof. Fachri Bey, SH., M.M., Ph.D (UI)

– Victimology Purposes of Study and Comparison to Criminology, Prof Dr. Marc Groenhuijsen. (Nederland)

– Fulfilling the Right of Victims in Australia & Introduction to WSV, Mr. Michael O, Connell. (Australia)

– Victim in Criminal Justice  System, Dr. Angkasa Sudigdo.SH., M.Hum. (Unsoed)

– Psycososial Support for Victim & Development  of Victimology  in India, Mr. Bhanu Prakash Nunna. (India)

– Victimology  for  Non-Crime Victims, Prof. Michael O, Connell. (Australia)

– Restorative Justice, Dr. Nur Rochaeti.(Undip)

– System Advocacy for Disaster Victims, Prof . Fachri Bey. SH., M.M., Ph.D (UI).

– Introduction to Theoritical Victimology, Mr. Bhanu Prakash Nunna. (India)

– Medical Malpractice Victime, Dr. Soetarno, dr., Sp. THT-KL, Sp.KL., S.H., M.H. (UHT)

– Korban Kekerasan APH dan Penanggulangannya / Victime of Torture, Dr. Hamidah Abdurrahman. (Universitas Pancasakti)

– Victim of Terrorism, Heru  Susetyo, SH., LL.M., M.Si., Ph.D. (UI)

-Contribution of Victimology in Securing Victims Right and Delivering Services to Victims. Peter N. Haipern (USA Dept of Justice)

-Victimization, effect and Typology of Victims, Dr. Elfina L. Sahetapy.(UBAYA)

-Implementation of Victimology in Actual Cases in Indonesia, Dr. Dewi Setyowati.(UHT)

Dan masih banyak lagi topik kajian ilmu Victimology yang dibahas secara tuntas dan lugas oleh Professor, Doktor dan dokter spesialis ahli, sebagai pemateri.

 

Monumen Kapal Selam (Monkasel),

Berlokasi di jalan Pemuda Surabaya.

Berada di tempat inilah 60 peserta rombongan pelatihan dan Konverensi Internasional Viktimologi melakukan Dinner dan Gathering sebagai malam penutup keakraban pelepas lelah setelah selama 3 harian rombongan melakukan segala kegiatan aktifitasnya di Surabaya melakukan Konverensi Internasional Viktimologi yang di fasilitasi oleh panitya dari FH Universitas Hang Tuah Surabaya bekerjasama dengan FH-Ubaya (Universitas Surabaya) dan Asosiasi Pengajar Viktimology Indonesia (APVI).

Sesuai dengan Visi dan Misi UHT, terakhir acara Pelatihan Konverensi Internasional Viktimologi rombongan sengaja diperkenalkan untuk menikmati objek wisata Maritim Surabaya di malam hari, dengan menggunakan sarana fasilitas transportasi perahu wisata Kalimas, rombongan menuju lokasi Gathering datang dengan jalan naik perahu menyusuri sepanjang aliran sungai Kalimas dari taman Prestasi yang tenang airnya, sambil menikmati suasana alam perjalanan Surabaya di malam hari dengan puluhan lampu warna warninya menuju dermaga Monkasel Pasopati.

Campursari Gong Jaladri UHT adalah kelompok music tradisional Jawa dengan personel pengawaknya sehari hari mereka adalah personel dari tenaga kependidikan, Dosen dan Mahasiswa UHT, dengan pembinanya Dr. Soetarno, dr., Sp. THT-KL, Sp.KL., S.H., M.H. Kelompok music inilah yang mendapat kesempatan tampil untuk menghibur rombongan para tamu di lokasi Monkasel yang terdiri dari para perwakilan  Akademisi Perguruan Tinggi / Universitas dari Indonesia dan Luar Negeri. ks.humas@uht.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *