Lomba Robot Hang Tuah Robo Cup dibuka resmi oleh Dekan FTIK. www.hangtuah.ac.id

 

 

Lomba Robot Hang Tuah Robo Cup dibuka resmi oleh Dekan FTIK. www.hangtuah.ac.id

Sebuah wujud dari penjabaran Iptek di era Industri 4.0, kepedulian dari Himpunan Mahasiswa (HIMA) prodi Tehnik Elektro, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya dalam menjabarkan Proker tahunannya yang diwujudkan menjadi sebuah event Education lomba tahunan tingkat pelajar SMP dan SMA sederajat dan dikemas dalam sebuah event lomba Hang Tuah Robo Cup (HTRC) 8 / 2019.

Puncak dari kegiatan lomba tersebut diatas, baru saja digelar selama 1 (Satu) hari di Gedung. Graha Samodra Ganesha (GSG) Pulau Benggala, Kampus Laut Biru UHT Keputih Jl. Arief Rahman Hakim Surabaya, pada hari Rabu, 13 Maret 2019.

Dengan didampingi Ketua jurusan Teknik Elektro UHT. Iradiratu Diah PK,ST,MT. Ketua panitia pelaksana Lomba, Dekan FTIK-UHT, Dr.Drs.Viv Djanat P, M. AppSc secara resmi membuka acara Lomba Robot tingkat Nasional ke 8 tahun 2019 dengan memukul Gong Jaladri..

Tahun ini panitia sengaja mengagendakan 2 (Dua) konsep kategori lomba yang ditandingkan: 1. Line Tracer Analog (LTA), Robot yang dirancang khusus untuk membaca garis lintasan yang diberi rintangan dengan menggunakan sensor. Penilaian menggunakan kecepatan dan ketepatan waktu, 2. Robo Soccer, Robot yang dirancang untuk permainan pertandingan Bola dengan penilaian Skor, tim yang mampu mencetak terbanyak Gol di gawang lawan.

Menurut Ketua Panitya pelaksana HTRC 8 / 2019 Mohammad Akbar Mukti mahasiswa prodi Teknik Elektro UHT angkatan 2017 Dengan mengusung tema Colorfull of Tech , bertujuan mengangkat semangat generasi Milenial Indonesia di bidang Teknologi Robotika, dirinya mengucapkan terimakasih kepada peserta lomba yang hadir sejumlah 43 tim yang terdiri dari berbagai kota di Indonesia”,

Adapun peserta untuk tingkat SMP sederajat: 21 tim dan tingkat SMA sederajat 22 tim.” Dengan rincian: SMP LTA: 8 tim & Soccer 13 tim, SMA LTA 16 tim & Soccer 6 tim

Harapan kedepan selaku Ketua Panitia pelaksana lomba,” TE-UHT akan lebih mampu lagi dalam menjaring dan menyalurkan hoby bakat pelajar kedalam bentuk kegiatan Elektronika khususnya dibidang Robotika secara maksimal.”

Dengan memperebutkan hadiah Thropy Hang Tuah Robo Cup (HTRC) 8 / 2019 dari Gubernur Jatim untuk juara 1 kategori LTA tingkat SMA & SMP, untuk juara II & III tingkat SMA dari panitia pelaksana acara mendapatkan Voucher pelatihan PLC di Laboratorium Konveksi Energi gedung Grouw Center Lantai II UHT Keputih Surabaya. Thropy Juara 1-3 Sertifikat peserta dan Juara serta Voucher belanja mekanika Robot di Indobot Yogyakarta serta Uang pembinaan sebesar 14 Juta Rupiah, maka diputuskanlah oleh panitia pemenang juara Lomba Sbb:

Kategori LTA SMP,

Juara 1 Darus Team B1/ SMP Darul Islam Gresik, pengawak Robot Sholichanul Hakim Al Farisi, Gilang Bismar Giwanggono.

Juara II Darus Team A1/ SMP Darul Islam Gresik. Pengawak Robot Mukhammad Ma’ruf adlil Khikam, Gilang Bismar Giwanggono.

Juara III Warrios _1/ SMP PGRI 9 Sidoarjo, pengawak Robot Vitonio Anaresyunda Assaafi, M. Dwi Marsellino, Toni Setiawan, S.Pd.

Kategori Robo Soccer SMP.

Juara 1 Bumi Shalawat 1/ SMP Progresif Bumi Shalawat, pengawak Robot Wildan Zulkarnain Nur Alfian, Ahmad Dzaki Nur Arifin, Anton Widarmono.

Juara II ZRB_03/ SMPN 1 Ponorogo, pengawak Robot Dhuha Alif Ramadhani, Jihan Hasna Rasyidah, Abrin Widyaningrum,S.Pd.

Juara III RRC Joker/ SMPN 12 Surabaya, pengawak Robot Ferdy Prasetya. S, M. Erlangga. K

Kategori LTA SMA.

Juara 1, SMADAH 1/ SMA Assaadah Bungah Gresik, pengawak Robot Muhammad Fadlil Akbar Romadlon, Minhajun Ni”am, Achmad Nurfi Nuryadi.

Juara II GRB POKEMON/ SMAN 1 Ponorogo, pengawak Robot Galang Nurbudi Utomo, Krisna Zinedine Putra Sancoko, Sugiono M.Pd.

Juara III Sekawan Robotic/ SMAN 4 Bojonegoro pengawak Arrori Ashar Hidayad, Al Ihza Ahmad Sabita.

Kategori Robo Soccer SMA.

Juara 1 GRB_46/ SMAN 1 Ponorogo, pengawak Robot Corysco Precha Arlendo, Baihaqi Nofal Atalla, Sugiono. M.Pd,

Juara II TEKINO/ SMKN 2 Pamekasan, pengawak Achmad Saukhi, Ach. Wahyu Ilhamni, Maswan Abnur, Candra Winata, S.Pd.

Juara III GRB 99/ SMAN 1 Ponorogo, pengawak Robot, Abdurrobbi Izzata, Danendra Ahnaf Manggala, Sugiyono, M.Pd.      ks.humas@uht.