Kapal Laminasi Bambu UHT dikirabkan lewat Surabaya Vaganza 2019. www.hangtuah.ac.id

Kapal Laminasi Bambu UHT dikirabkan lewat Surabaya Vaganza 2019. www.hangtuah.ac.id

Dengan Model dan Prototypenya yang langsing, memanjang 12 m, Lebar 1,8 m, dengan 1 buah baling baling propeller sebagai motor penggerak, Mesin Tempel 52 PK, penciptanya berharap agar kapal motor jenis penumpang ini akan mampu melaju bergerak dengan kecepatan maks 8 Knot.

Dosen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan Dr. Ir. Akhmad Basuki Widodo, M.Sc., MRINA, penggagas dan pencipta model kapal Laminasi Bambu ini, menyiapkan kapal motor yang dibuat khusus untuk penumpang antar pulau jarak pendek, dan siap diluncurkan di lokasi kawasan pantai Kalianget Sumenep Madura dan pantai Lamongan dalam waktu dekat  ini.

Sebagai wujud kepedulian Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya kepada masyarakat nelayan pantai lewat kucuran Dana Hibah Kemenristekdikti melalui Penelitian unggulan Strategis Nasional, maka diproduksilah secara bertahap kapal penumpang ini, agar kedepannya dapat mampu ikut mendukung kelancaran transportasi laut secara maksimal, serta mampu melaju dengan aman membawa  sekitar 30 orang penumpang di dalamnya.

Dosen Perkapalan FTIK, sekaligus Kepala Humas UHT, yang juga menjabat sebagai Dewan Pembina Personel Pengurus Cabang IPERINDO Jatim ini sengaja menciptakan kapal jenis Laminasi Bambu yang wujud aslinya diikutkan kirab Mobil hias pada acara peringatan HUT kota Surabaya yang ke-726 di Surabaya Vaganza 2019 pada hari Minggu, 24 Maret 2019.

Dirinya yakin keberadaan kapal yang dikirab di lokasi acara Surabaya Vaganza 2019 ini modelnya sangat Simpel, sederhana, menarik dan cocok untuk kebutuhan masyarakat pesisir Pantai dan Nelayan kepulauan sesuai dengan penelitian karya Ilmiahnya.

Bila dibandingkan dengan harga dan mutu untuk sebuah Kapal sejenis dengan bahan baku Kayu olahan, Kapal Laminasi Bambu karya ciptaannya ini tidak kalah menarik, dan Kuat bahan mutunya. Bahan bakunya pun sangat mudah di dapat, harganya lebih murah, serta pemasangan nya pun sangat simple, sederhana, cepat dan mudah, dengan cara sistem Knock Down.

Widodo berharap agar kelak masyarakat luas pesisir pantai bisa ikut menikmati hasil karyanya dan bisa ikutan memproduksinya secara massal karena murah.

Kirab kota dalam rangka HUT Kota Surabaya yang ke: 726 Surabaya Vaganza 2019 kali ini di ikuti 78 peserta Mobil Hias dari berbagai perwakilan kalangan  Instansi Pemerintah, BUMN, Perguruan Tinggi.

UHT kali ini sengaja melibatkan 2 (Dua) perwakilan Dutanya sebagai peserta acara Kirab, Drum Band Gita Jala Taruna PDP yang namanya sudah dikenal harum masyarakat kota Surabaya dan Mobil Kapal hias Inovasi Kapal Laminasi Bambu Ristek Dikti karya anak Bangsa yang siap diluncurkan keberadaannya dalam tempo waktu dekat.

Minggu, 24 Maret 2019. Lokasi di depan Tugu Pahlawan Surabaya, acara Kirab Kota Mobil Hias Surabaya Vaganza 2019, resmi dibuka oleh Wali Kota Surabaya, Dr. (HC) Ir. Tri Rismaharini. M.T, Ucapan terimakasih Walikota Surabaya kepada perwakilan dari UHT atas partisipasinya mengikuti acara Kirab kota kepada Wahyu Cahyo Putro Mahasiswa Psikologi angkatan 2015 dan Suci Wulandari Mahasiswi Psikologi angkatan 2015 anggota Menwa Samudera Cendikia 875 UHT, mewakili Rektor UHT, Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.A.P., MH pada saat memberikan Maket miniature Kapal Laminasi Bambu kepada Wali kota Surabaya di lokasi Finish, Jalan Raya Darmo Surabaya.   Ks.humas@uht.