Dies Natalis UHT ke 32 ditandai dengan Upacara Bendera www. Hangtuah.ac.id

 

Dies Natalis UHT ke 32 ditandai dengan Upacara Bendera www. Hangtuah.ac.id

Sebagai penanda wujud Milad tanggal kelahiran Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya yang jatuh pada tanggal 12 Mei 1987, sekarang genap usia yang ke 32 tahun, di bulan Mei 2019,

Bertempat di lokasi halaman Program Diploma Pelayaran (PDP) UHT, Gedung Pulau Manterawu, seluruh Civitas Akademika UHT sedang melaksanakan kegiatan Upacara Bendera peringatan Dies Natalis UHT ke 32 dengan Inspektur Upacara (Irup) Rektor UHT, Dr.Ir. Sudirman. S.IP, SE.,M.AP., M.H. pada hari Senin, 13 Mei 2019.

Peserta upacara terdiri dari peleton pengibar bendera sang saka Merah Putih, Korsik Gita Jala Taruna PDP, Taruna PDP, Mahasiswa, Tenaga Kependidikan, Kasatker Dosen, upacara berjalan dengan khidmat dan lancar.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor berkenan memberikan Reward Piagam Penghargaan kepada Mahasiswa UHT yang berprestasi dalam acara lomba Debat bahasa Inggris “National University Debating Championship (NUDC)” untuk tingkat perguruan tinggi negeri dan swasta wilayah regional Lembaga Layanan (L2) Dikti Wilayah VII Se Jawa Timur, di Royal Orchids Garden Hotel, Batu – Malang pada hari Senin,22-Kamis,25 April 2019.

Menurut Wishnu Kurniawan, SH., MH. Kepala bagian Pembinaan Mahasiswa, Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UHT “ Sebagai pemenang juara Tiga dalam lomba Debat Bahasa Inggris, tim UHT yang terdiri dari: Inche Escha Faatur Sakti H.H. mahasiswa FKG angkatan  2018, Thio Jesslyn Angelina, Mahasiswi FKG-UHT angkatan 2018, Alditto Tareq Dilivio, mahasiswa FKG-UHT angkatan 2018, di dampingi Afita Dewi Prastiwi, S.Pd., M.Pd (Dosen Pembimbing) dan Nova Ayunda, S.Pd, (Staff Pendamping).

Lanjutnya, L2 Dikti wilayah VII dalam waktu dekat akan mengirim kembali tim UHT ini untuk mengikuti lomba Debat yang sama sekaligus sebagai Duta mewakili seluruh perguruan tinggi dibawah L2 Dikti wilayah VII Jawa Timur ke tingkat Nasional, dan UHT adalah satu satunya perguruan tinggi swasta sebagai pemenang juara tiga yang lolos, bersama Tujuh perguruan tinggi negeri lainnya.”

Rektor dalam pidato sambutannya di Upacara Dies Natalis 32 “ Sebagai Kampus berbasis kelautan dan kemaritiman di usianya yang ke 32 tahun, ini merupakan satu bukti, bahwa UHT masih tetap bisa eksis dan masih tetap mampu memiliki daya tarik saing tersendiri di tengah tengah era globalisasi gejolak persaingan antar kampus dan perguruan tinggi unggulan negeri maupun Swasta lainnya.”

“ Sebagai pengawak haruslah punya naluri optimis dalam menghadapi persaingan di era keterbukaan layanan Informasi. Saat ini masyarakat awam masih sangat membutuhkan Perguruan Tinggi yang betul betul bisa menjamin mutunya, dengan bertambahnya usia UHT ke 32 tahun saat ini Rektor berharap:”Sebagai pengawak perguruan tinggi tentunya kita harus lebih paham dan bisa untuk mengimbanginya dengan cepat menuju pendewasaan diri, baik dalam tugas mencerdaskan bangsa, serta mencetak generasi calon Ilmuwan yang Handal dan berkualitas.”

Dr. Viv Djanat Prasita M.AppSc, selaku Ketua panitia pelaksana Dies Natalis 32 UHT, mengatakan: “ Dengan mengangkat tema: Meningkatkan Peran UHT dalam Mewujudkan Visi Kelautan Indonesia.” panitia sengaja mewujudkan keterkaitan tema tersebut diatas diaplikasikan dengan beberapa rangkaian kegiatan Lomba lomba yang diselenggarakan dan bersifat akademik maupun non akademik (olah raga dan hiburan).

Lomba-lomba terkait dengan kegiatan akademik meliputi:

  1. Pemilihan Dosen, Laboran, Pustakawan, Admin Umum, dan Admin Keuangan Berprestasi.
  2. Lomba Karya Tulis Ilmiah Kelautan (LKTI) untuk mahasiswa, guru dan siswa SMP/SMA se Indonesia.
  3. Seminar Nasional Kelautan (Seminakel),
  4. Pengabdian Masyarakat di Desa Campur Rejo, Gresik.
  5. Pemilihan Putra Putri Kampus Laut Biru, mahasiswa terbaik di Universitas Hang Tuah.
  6. HTMB (Hang Tuah Model Boat):
  • Ship Design Competition
  • Endurance and Warship Competition
  • Fun Race
  1. Pekan Kelautan dari FTIK , pelatihan AUTOCAD, ARCGIS.

Lomba-lomba terkait dengan kegiatan non-akademik, meliputi olah raga, seni, dan hiburan, antara lain  :

  1. Futsal Jangkar Cup 2019
  2. Sangita Lokaswara Festival #3.
  3. JALADRA 2019 (Jawara Lakon dan Drama),
  4. Kejuaraan Laksamana Muda Taekwondo Championship 2019
  5. Maritime Volle Ball Competition,
  6. Pertandingan Bulutangkis antar Fakultas UHT.
  7. Seguni Dragon Boat Race.
  8. Hang Tuah Diving Competition REVIVE 2019.
  9. Open Certifications Hang Tuah Diving.
  10. Lomba Mancing,