Ngabuburit Buka Puasa bersama ala Mahasiswa Teknik Perkapalan UHT. www.hangtuah.ac.id

Ngabuburit Buka Puasa bersama ala Mahasiswa Teknik Perkapalan UHT. www.hangtuah.ac.id

Patut diapresiasi kegiatan positip teman teman dari perwakilan Himpunan Mahasiswa (Hima) Teknik Perkapalan (Tekpal) Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya dalam mengagendakan kegiatannya di bulan Romadlon, tenggat waktu sambil menunggu tibanya berbuka Puasa (Ngabuburit).

Jumat, 24 Mei 2019, bertempat di Gedung Graha Samudra Ganesha (GSG) Pulau Benggala Kampus Laut Biru UHT Keputih Surabaya, acara Kuliah Tamu dengan Topik “Sinergritas Dunia Pendidikan Dengan Dunia Industri khususnya bidang maritime” menghadirkan 2 Orang Nara Sumber: Soegijarto, P. ENG (Direktur PT. Rezsoeg Ria) Industri Supplier dan Konstruksi  Perkapalan Surabaya, serta Imron Fatoni ST selaku Manager PT. Adiluhung Sarana Segara Indonesia, dari Galangan Perkapalan di Sumenep Madura.

Kedua Nara sumber mengupas tuntas berbagi pengalaman dan keilmuannya yang berkaitan dengan materi pekerjaan nyata di lapangan didasari dengan terapan disiplin ilmu Teknik Perkapalan yang telah didapatkan di bangku kuliah oleh Mahasiswa selama ini di kampus.

Materi WPS (Welding Precedure Spesification) for Beginer pada Industri Perkapalan oleh Direktur PT. Rezsoeg Ria. “Untuk mendapatkan suatu hasil pengelasan yang sempurna (soundness) diperlukan WPS pada industri galangan kapal agar pekerjaan pengelasan dapat diterima (approval) oleh klas (Biro Klasifikasi)”. Menurut narasumber: seorang welder (juru las) yang profesional harus memiliki skill dan knowledge tentang teknologi pengelasan yang bisa dibuktikan dengan sertifikat welder yang dimilikinya menurut level dan klasifikasi las. Dari lulusan Sarjana Teknik Perkapalan dapat berpeluang pada profesi Welding Inspector (WI) maupun Welding Engineer (WE) dengan menguasai ilmu dan praktek tentang Teknik Pengelasan dan Inspeksi Pengelasan. Profesi WI terkait dengan kegiatan inspeksi hasil las di lapangan dan profesi WE berkaitan dengan pembuatan dan perencanaan WPS.

Materi “Optimalisasi Dunia Pendidikan untuk menunjang Produktifitas Galangan Kapal” diberikan oleh Imron Fatoni ST selaku Manager PT. Adiluhung Sarana Segara Indonesia, dari Galangan Kapal Sumenep Madura. “Galangan kapal di Indonesia saat ini masih sangat langka dan masih membutuhkan masukan kerja sama dari tenaga ahli pihak akademisi, baik yang berkaitan dengan operasional sehari hari Docking Galangan kapal maupun kaitan dengan Repair Kapal dan Produksi kapal kapal yang baru”.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan (Hima) Ahmad Yowansyah, mahasiswa Tekpal angkatan 2016 melalui Ketua panitia pelaksana acara Kuliah Tamu mahasiswa Teknik Perkapalan UHT Rahmat Affandy Abdillah mahasiswa Tekpal 2017 mengatakan kepada penulis: “Sambil focus tetap melaksanakan ibadah Puasa, kita mahasiswa FTIK (Tekpal) angkatan 2015-2018 masih ingin mendapatkan tambahan wawasan pengalaman yang baru, ilmu lapangan yang belum pernah di dapatkan oleh kalangan mahasiswa sewaktu teori di kelas dan ini sungguh luar biasa bisa mendapatkan langsung informasi dari sumbernya untuk diaplikasikan”. Ks.humas@uht