Bon Voyage Taruna Transportasi Laut PDP UHT www.hangtuah .ac.id

Bon Voyage Taruna Transportasi Laut PDP UHT www.hangtuah .ac.id

Sore hari itu para Taruna & Taruni PDP (Program Diploma Pelayaran) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya terlihat sangat rapi, gagah, dan berwibawa, dengan pakaian kebesarannya dan berpedang. Mereka sedang melakukan tradisi upacara Bon Voyage.

Tradisi upacara pelantikan Taruna akhir Bon Voyage ke 50 / 2019 kali ini diikuti oleh barisan jajar: Satu Unit peleton Korsik Drum Band Gita Jala Sena PDP, Satu peleton gabungan Taruna PDP korps Nautika, Teknika dan Manajemen Pelabuhan (KPN), Satu peleton kompi Perwira Muda Transportasi Laut, terdiri dari: 64 Perwira Muda Nautika, 36 Perwira Muda Teknika, dan 90 Perwira Muda Manajemen Pelabuhan PDP, serta Satu Pleton gabungan Taruna PDP Korps Nautika,Teknika dan KPN (Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga).

Jumat, 28 Juni 2019. Bertempat di lapangan Batalyon Taruna PDP-UHT Gedung Pulau Manterawu, Keputih Surabaya Jawa Timur, Senja itu Rektor UHT Surabaya, Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.AP., M.H selaku Irup (Inspektur Upacara) memimpin langsung jalannya Upacara kebesaran pelantikan 190 Wisudawan Perwira Muda Transportasi Laut (Bon Voyage) ke 50

Acara dimulai dengan dilakukannya penanggalan tanda atribut matra khusus Taruna pelaut PDP, diteruskan dengan melakukan penyematan tanda pangkat khusus Perwira Muda Transportasi Laut kepada perwakilan Taruna Taruni lulusan terbaik di angkatannya yang terdiri dari perwakilan: Korps Nautika Farid Heraspati Santoso, putra kandung pasangan Bapak Djumain dan Ibu Mulyati asal Mojokerto, nilai IPK 3,68 Korps Teknika Vadli Virswand.S putra kandung pasangan Bapak Amir Syaiful dan Ibu Suci Muriati asal Surabaya nilai IPK 3.41 Korps KPN Vitri Dwijayanti, putri kandung pasangan Bapak Sardi dan Ibu Akhminah asal Surabaya nilai IPK 3,83.

Air 7 Samudera, adalah air suci yang selalu tersimpan di dalam Guci Kuning yang kondisinya selalu dijaga ketat dan diawasi oleh Poltar (Polisi Taruna) guna menjaga kesucian dan kemurniannya dari air itu sendiri dengan tujuan: air akan dikeluarkan dari dalam Guci pada saat dan kesempatan tradisi upacara Bon Voyage pelantikan wisudawan Perwira Muda Transportasi Laut dilaksanakan.

Air dipercikkan secara simbolis oleh Irup kepada perwakilan Perwira Muda dilantik, ini sebagai perlambang Kejayaan, Keberanian dalam menumbuhkan semangat juang jiwa Bahari sebagai seorang Kesatria Pelaut Muda yang Ulung.

Menurut Wakil Direktur I bidang akademik PDP, Mudiyanto, S.AB., ANT-II., MM dalam laporan resmi dihadapan Irup kaitan dengan perkembangan kelulusan anak didiknya para Taruna Pelaut PDP-UHT, keberhasilan kelulusan dan kelayakan menjadi seorang Perwira Muda Transportasi Laut periode Juni 2019 berjumlah 190 Wisudawan.

Dalam pidato amanat Rektor dihadapan peserta upacara dan undangan yang hadir, Rektor berharap “Kedepannya sejumlah190Taruna Taruni yang berhasil lulus dan dilantik menjadi perwira muda transportasi laut mereka harus sudah siap dan memiliki kemampuan skill serta daya saing yang tinggi serta memiliki karakter kepribadian yang unggul di bidangnya dan dunianya yang baru, Dunia Maritim “.  

 Lanjut Rektor “Pelayaran PDP harus tetap bisa menjaga mutu kualitasnya, baik kualitas mutu pendidikan, kualitas dan kuantitas SDM dari Tenaga kependidikan, Dosen, sarana dan prasarana pengajaran, serta perbaikan metode pembelajaran yang senantiasa harus selalu disejajarkan dengan kualitas mutu kurikulum Dirjen Perhubungan Laut RI dan Kemenristekdikti pada saat ini”.

Menurut Rektor penerapan standarisasi sertifikat berbasis ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 memang  telah dimiliki oleh UHT, akan tetapi untuk menjawab segala tantangan jaman, kedepan berkaitan dengan rekonstruksi kurikulum pendidikan tinggi yang responsive terhadap revolusi industry; rekonstruksi kurikulum dengan pendekatan human digital dan keahlian berbasis digital, Lemdik PDP haruslah selalu ditingkatkan, dengan tujuan utama untuk pencapaian revolusi Industri 4.0 sesuai dengan harapan pemerintahan RI dan Presiden Ir. Djoko Widodo.

Hadir dalam acara Bon Voyage ke 50 Wakil Rektor I UHT Dr. Hj Dian Mulawarmanti, drg.MS, WR II UHT Bambang Sucahyo, drg., Sp.Ort, WR III UHT, Ir. Sudyantoro Hadi., M.Si, Dekan, Kasatker UHT, Anggota Pembina Bidang Umum Yayasan Nala, Ketua Pengawas Yayasan Nala, Ketua Pengurus Yayasan Nala, Pengurus Harian Yayasan Nala, Dirjen Hubla, Dirjen Bea Cukai, Syahbandar, Pelindo III, Distrik Navigasi, Poltekpel, PT. Kontainer dan Keluarga Perwira Muda Transportasi Laut.     ks.humas@uht