Hari Pelaut Sedunia diperingati Taruna Pelayaran UHT Surabaya. www.hangtuah.ac.id

Hari Pelaut Sedunia diperingati Taruna Pelayaran UHT Surabaya. www.hangtuah.ac.id

Senin, 09 Juli 2019. Hari Pelaut Sedunia jatuh tanggal 25 Juni, dan moment bersejarah ini para Sailor (pelaut) di rayakan  dengan tradisi upacara oleh Taruna / Taruni Program Diploma Pelayaran (PDP) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, dilokasi lapangan Apel gedung Pulau Manterawu kampus Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya .

Peserta Upacara terdiri dari barisan Drum Band Gita Jalasena Taruna PDP, serta seluruh Taruna Taruni pelayaran. Bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Pelaut Sedunia, Direktur PDP (Program Diploma Pelayaran) Kolonel Laut (Purn) Djamaludin Malik SE., M.AP., ANT-II.

Sambutan Irup pada upacara Hari Pelaut Sedunia: “ Dengan tema I am On Board with Gender Equality, dunia mengakui bahwa: Kontribusinya jasa pelaut bagi komoditi Ekonomi dan perdagangan Internasional sangatlah berharga. Maka dari itu apresiasi penuh akan kesetaraan gender perwakilan kaum Hawa untuk ikut berperan aktif menjadi pelaut handal sangat dimungkinkan. Hampir 90 prosen sektor komoditi bahan makanan, bahan bakar minyak dan bahan kebutuhan pokok manusia di distribusikan transportasinya lewat jalur laut.

Oleh karena itu sudah selayaknya para Sailor (Pelaut) mendapatkan apresiasi penghargaan tinggi atas jasa keras mereka. Maka dari itu Universitas Hang Tuah Surabaya lewat Program Diploma Pelayaran kali ini memperingatinya di setiap tanggal 25 Juni, sesuai kalender Internasional ditetapkan sebagai peringatan Hari Pelaut sedunia”.

Menurut Kepala unit Prada Prala Taruna Pelayaran PDP-UHT Letkol Laut (Purn) Budi Priyono, S.Sos., MM, kepada penulis: “ Setelah Timnya Unit Drum Band sukses dan telah mendapatkan apresiasi langsung ucapan selamat dari Wali Kota Surabaya Ir. Tri Rismaharini dalam keikut sertaan tim di Festival Surabaya Vaganza hari jadi kota Surabaya ke 726 tahun 2019, Bertujuan prestasi dan semangat untuk melengkapi dan mendukung penuh komposisi barisan Display Drum Band UHT kedepan, sekalian bertujuan untuk mengubah dari kelas type C menjadi type B komposisi Devile Drum Band , Rektor UHT Dr. Ir Sudirman, S.Ip., M.AP., MH di dampingi Direktur PDP UHT dikesempatan  yang sama, menyerahkan simbolis 23 (Dua Puluh Tiga) alat Drum Band baru, untuk melengkapi kekurangan yang ada kepada perwakilan Taruna Madya Asman (ketua Tenor).

Hadir dalam Upacara, Wakil Rektor (WR) I UHT, Dr. Dian Mulawarmanti, drg.,M.S. WR II UHT, drg. Bambang Sucahyo. Sp.Ort, para Dekan, Kasatker, Anggota Pembina Bidang Umum Yayasan Nala, Ketua Pengawas Yayasan Nala, Ketua Pengurus Yayasan Nala, Pengurus harian Yayasan Nala serta Undangan instansi Kesyahbandar Pelabuhan dan Instansi Pelayaran terkait. ks.humas@uht