FTIK UHT selenggarakan Seminar Nasional Kelautan ke XIV www.hangtuah.ac.id

     

FTIK UHT selenggarakan Seminar Nasional Kelautan ke XIV www.hangtuah.ac.id

Sebagai Keynote Speaker di acara Seminakel (Seminar Nasional Kelautan) Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) Universitas Hang Tuah (UHT) ke XIV adalah Dirjen Perikanan Tangkap KKP dan Ketua Umum Iskindo Muh Zulficar Mochtar, ST., M.Sc,

Dua Nara Sumber lain sebagai pembicara utama adalah: Kepala Divisi Formalitas SKK Migas dan Pemerhati Kebijakan Publik sektor Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Didik Sasono Setyadi , SH., MH. Wakil Rektor (WR) I UHT sebagai Peneliti Manfaat Sumber Daya Laut FKG-UHT, Dr. Dian Mulawarmanti, drg, MS. dengan Moderator Kepala LPM (Lembaga Penjamin Mutu) UHT (Universitas Hang Tuah) Surabaya Dr. Ir. Nuhman, M.Kes. Dosen tetap prodi Perikanan UHT Surabaya .

Kamis, 11 Juli 2019, Bertempat di Gedung Graha Samodra Ganesa (GSG) Pulau Benggala Kampus Laut Biru UHT Keputih Surabaya, acara Seminar Nasional Kelautan ke XIV FTIK UHT berlangsung lancer dan sukses dan dibuka resmi oleh Kepala LLDikti Wilayah VII Jatim, Prof. Dr.Ir. Soeprapto, DEA.

Dalam Pidato resmi laporan Kepala Badan Perencana dan Pengembangan UHT Dr. Bagiyo Suwarsono. ST., MT., FRINA selaku Ketua Panitia pelaksana acara Seminakel XIV FTIK-UHT, di hadapan seluruh peserta: “Seminar ini masih merupakan dari satu rangkaian kegiatan acara Dies Natalis UHT ke 32 jatuh disetiap tanggal 12 Mei”.

“Panitia sengaja mengambil Tema: Implementasi Hasil Riset Sumber Daya Laut dan Pesisir dalam Peningkatan Daya Saing Indonesia” dengan harapan tema ini sengaja diambil dan dirumuskan sebagai penjabaran dari tema Seminakel ke XIII “Implementasi Hasil Riset Sumber Daya Laut dan Pesisir dalam rangka mencapai kemandirian Ekonomi Nasional” . .

“Sebagai komunitas akademisi, peneliti, pengamat dan praktisi di sektor kelautan/ kemaritiman, dirasa sangatlah perlu para Ilmuwan untuk saling sumbangsih Ide, Opini hasil dari temuan temuannya selama ini, untuk disumbangkan demi kemanfaatan dan kemaslahatan pembangunan Bangsa dan Negara Indonesia untuk masa sekarang dan masa yang akan datang”.   

Dan yang lebih menarik lagi, acara ini di lanjutkan dengan kegiatan presentasi 135 Artikel Ilmu: Sosial, Ekonomi, Budaya, Hukum dan Kelembagaan, Ilmu Kelautan dan Lingkungan, Kesehatan, Perikanan dan Teknik dari pemakalah Praktisi dan Akademisi peserta Seminakel.

Peserta dan pemakalah yang hadir kali ini berasal dari latar belakang Disiplin Ilmu: Lembaga Instansi peneliti Balai Riset di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Peneliti LIPI, Akademisi, Praktisi dan Mahasiswa dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sulsel, Sulteng dan Aceh.

Direncanakan hasil dari Seminakel XIV, bahan akan segera dipublikasikan secara Online, dibukukan dalam bentuk Prosiding dan didistribusikan ke lembaga Perpustakaan Nasional Jakarta, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Satuan Kerja di lingkungan Kementrian Kelautan dan Perikanan, Satuan Kerja dilingkungan Kementrian khusus Minyak dan Gas Bumi, dengan harapan dan tujuan kedepan akan bisa di jadikan sebuah referensi bagi Stacke Holder Kelautan dan Perikanan, para Peneliti serta Akademisi.

Sambutan Rektor dihadapan peserta acara yang dibacakan oleh WR II UHT berharap: “Hasil Implementasi dan Inovasi Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang telah dilakukan oleh para Peneliti dan Akademisi peserta Seminakel ini semoga bisa langsung akan dirasakan manfaatnya oleh segenap masyarakat luas, dengan tujuan agar segera bisa tercipta kemampuan dan kemandirian Ekonomi kemasyarakatan.”

Seminar Kelautan ini merupakan agenda rutin tahunan FTIK-UHT. Dan ini sudah sejalan dengan Program pemerintah Republik Indonesia saat ini, yaitu agenda sebagai bangsa Bahari, pemerintah berharap agar bangsa ini bisa mandiri dalam mengelola Sumber Daya Laut dan Pesisirnya, dan yang lebih penting prioritas pembangunan bangsa di bidang sektor Kelautan dan Kemaritiman untuk mempercepat proses pertumbuhan globalisasi ekonomi Nasional dan kegiatan ini sudah sangat tepat, bila panitia mengambil tema: Implementasi Hasil Riset Sumber Daya Laut dan Pesisir dalam Peningkatan Daya Saing Indonesia”.

Hadir dalam acara pembukaan Seminakel ke XIV UHT, Kepala LLDikti Wilayah VII Jatim, Prof. Dr.Ir. Soeprapto, DEA, Wakil Rektor I-III UHT, Dekan, Ketua dan anggota Pembina Yayasan Nala, Pengurus Harian Yayasan Nala, Pejabat terkait TNI Angkatan Laut, Perwakilan Perguruan Tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah VII Jawa Timur, para Praktisi, Akademisi dan Mahasiswa. ks.humas@uht