Lembaga Pusat Karir UHT kirim kembali 23 Mahasiswanya Mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikasi (PMMB) di 9 BUMN www.hangtuah.ac. id

Lembaga Pusat Karir UHT kirim kembali 23 Mahasiswanya Mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikasi (PMMB) di 9 BUMN www.hangtuah.ac. id

Lembaga Pusat Karir Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, mengirimkan kembali 23 (Dua Puluh Tiga) Mahasiswanya dari berbagai disiplin Ilmu dan Prodi untuk bergabung dengan FHCI (Forum Human Capital Indonesia) mengikuti Program Mahasiswa Magang Bersertifikasi (PMMB) di  9 (Sembilan) perusahaan BUMN yang berada di lokasi Jawa Timur, yaitu: PT Pelindo III, PT Surveyor Indonesia, PT SIER, PTPN X, PTPN XI, PT Petro Kimia Gresik, PT PAL Indonesia, PT Dok & Perkapalan Surabaya, dan PT. Yodya Karya.

Tahun ini FHCI (Forum Human Capital Indonesia) merealisasikan program kerja samanya dengan seluruh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta terdaftar di tanah air, dengan melakukan penjajagan kepada 142 perusahaan, dibawah naungan BUMN dengan tujuan: Untuk meningkatkan kompetensi mutu kerja, para lulusan mahasiswa melalui program magang selama 6 bulan di perusahaan BUMN yang ditunjuk dan tersebar di seluruh tanah air.

Menurut Dr. Nirmalasari Idha Wijaya, S.Pi., M.Si. Kepala Pusat Karir UHT, sesuai dengan kebijakan Rektor UHT, Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE. M.AP., MH, sejak jauh hari sudah mensosialisasikan PMMB yang dilaksanakan berdasarkan Nota Kesepahaman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, ternomor: 668/ M-IND/ 11/ 2016. Nomor: 123/XI/NK/ 2016, Nomor: 17/ M/ NK/ 2016, Nomor: 3/NK/ MCN/ XI/ 2016, Nomor:  MOU-04/ MBU/11/2016. Tentang Pengembangan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi Berbasis Kompetensi, yang Link dan Match dengan Industri, kepada para mahasiswa lewat jalur informasi Kaprodi masing masing “.

Dengan memberikan kesempatan belajar kerja magang kepada mahasiswa, akan dapat menyalurkan bakat terpendam serta dapat menggali potensi pengalaman kerja langsung mahasiswa di lapangan.

FHCI sebagai kunci mediator Perguruan Tinggi dengan Perusahaan BUMN mempunyai tujuan: Program Mahasiswa Magang Bersertifikasi (PMMB) di BUMN, akan punya dampak positif, Link and Match Universitas dengan Industri perusahaan magang kerja mahasiswa akan terkorelasi langsung, dan sebaliknya Industri perusahaan setempat kedepannya akan lebih mudah untuk mendapatkan calon rekruitmen karyawan yang kredibel sesuai dengan kriteria yang di harapkan.

PMMB merupakan program nyata yang dapat memberikan pengayaan wawasan & keterampilan kerja kepada mahasiswa untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia yang lebih unggul terutama dalam menghadapi persaingan global melalui link & match antara Industri dan Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan di lapangan mahasiswa akan mendapatkan • Pembekalan magang (in-class training) oleh BUMN • Pelaksanaan magang selama 6 bulan • Pembekalan proses uji kompetensi (in-class training) oleh BUMN Pelaksanaan uji kompetensi, dan • Evaluasi akhir untuk mendapatkan sertifikasi industri dan sertifikasi kompetensi.

Senin, 29 Juli 2019. Bertempat di Gedung Pulau Selaru Kampus Laut Biru 23 (Dua Puluh Tiga) mahasiswa peserta PMMB resmi mendapatkan pembekalan dan dilakukan pelepasan oleh Wakil Rektor (WR) III UHT, Ir. Sudyantoro Hadi, M. Si. secara simbolik. Hadir dalam acara Dekan Psikologi, FTIK, FISIP, FH, WD III FKG, perwakilan Kaprodi. ks.humas@uht.