Universitas Hang Tuah Sukses lakukan Baksos di Desa Campurejo Panceng Gresik. www.hangtuah.ac.id

Universitas Hang Tuah Sukses lakukan Baksos di Desa Campurejo Panceng Gresik. www.hangtuah.ac.id

Kamis, 08 Agustus 2019. Ini merupakan perwujudan Implementasi dari penjabaran kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi, dimana salah satunya adalah Perguruan Tinggi melakukan Pengabdian pada Masyarakat (Penmas).

Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya dalam kegiatan menyemarakkan rangkaian acara Dies Natalis yang ke 32/ 2019, kali ini sengaja melibatkan beberapa personel Dosen, Alumni,Tenaga Kependidikan, Mahasiswa dari Fakultas dan Prodi Pendidikan Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Hukum, Psikologi, FISIP, FTIK (Perikanan, Oseanografi), dan Diploma Pelayaran berbaur melakukan pelayanan pengobatan gratis bersama 300 pasien masyarakat desa Campurejo, kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Campurejo merupakan sebuah Desa di wilayah pantai utara Pulau Jawa, posisinya berada di wilayah pintasan jalan raya Gresik Sidayu menuju Tuban, tepatnya di ujung Utara dan ujung Barat Pantai Utara Pulau Jawa kota Gresik dan berbatasan langsung dengan wilayah Lamongan.

Muhammad Sampurno. S.Sos., M.M, Pj. Kepala Desa mewakili warga desa setempat, mengatakan “dirinya bersama warga desa sangat antusias dan senang sekali bila desanya di jadikan tumpuan Objek Pengabdian kampus kepada Masyarakat di wilayahnya”.

Ini pun diperkuat dengan keterangan Camat Panceng, yang kedatangannya diwakili oleh Yono. ST.P. Dalam sebuah amanatnya di acara pembukaan kegiatan Bhaksos Penmas UHT, di Balai Desa Campurejo, yang di hadiri oleh segenap perangkat Desa, Kecamatan, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Gresik lewat Kepala Puskesmas Panceng, Rektor UHT, Wakil Rektor I & III UHT, Dekan dan Dosen.

“Warga sangat terbuka, antusias dan Welcome bila daerahnya kelak bisa dijadikan satu objek penelitian tersendiri, bagian dari Pengabdian Masyarakat dan di agendakan khusus menjadi sebuah objek desa binaan Universitas Hang Tuah Surabaya.”

Melalui penulis, Sekretaris Desa Campurejo, Mohammad Zaim menuturkan: berharap untuk Penmas tahap berikutnya, Kuota 2 (Dua) hari pelayanan pengobatan Gratis ini bisa tingkatkan lagi kuotanya, dari 300 kupon Doorprize gratis untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan pengobatan gratis agar bisa ditambah lagi semakin banyak, dengan alasan masih banyaknya lagi warga desanya yang tidak kebagian dan masih membutuhkan penanganan pemeriksaan dan pelayanan pengobatan serta Conseling dan penyuluhan Hukum, dari tim Penmas UHT.

Baksos Kesehatan dan Penyuluhan masyarakat di hadiri oleh Rektor UHT, Dr. Ir. Sudirman. S.IP., SE., M.AP., MH, Wakil Rektor (WR) I UHT, Dr. Hj. Dian Mulawarmanti. Drg. MS, WR III, Ir. Sudyantoro Hadi, M.Si, Ketua Panitia Dies Natalis 32 / 2019 UHT, Dr. Drs. Viv Djanat P, M. AppSc, selaku Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) UHT, Dekan Fakultas dan mitra UHT (Pramita Lab, Herba KOF, Stimuno, Dexa Ji edca, Apotek K 24, Kimia Farma, Kalbe, Patria dan Lion Club).

Dalam kesempatan meresmikan jalannya acara Bhaksos, Rektor UHT berharap:  “Agar Tim Penmas yang terlibat bisa ikut aktif mengaplikasikan dan mendharma bhaktikan segenap bidang ilmunya, bertujuan untuk pengembangan dan memajukan daerah Desa setempat”

Dengan mengambil tema “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Desa Campurejo kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik” Ketua Panitia Penmas Ir. M. Arief Sofijanto, M.Si Kepala Pusdimas LPPM (Lembaga Penelitian Pada Masyarakat) UHT berpesan: “Agar kegiatan Penmas melalui Baksos Kesehatan dan Penyuluhan ini, bisa di manfaatkan secara Optimal baik baik oleh seluruh Tim dengan melakukan Pencerahan Masyarakat berkaitan dengan Penyuluhan Informasi dan Pemeriksaan Kesehatan secara Gratis, Pemeriksaan Lab / Skrining Diabetes, Hiperurisemia, Kolesterol, Akupuntur, pemeriksaan Tulang dan Pemberian Obat obatan Gratis dan KIE sesuai dengan resep dokter ”

 Di lokasi yang sama disaksikan oleh Rektor UHT, penanda tanganan Nota kesepahaman Kerjasama Penelitian di bidang Perikanan dan Penyuluhan Hukum kepada Dua belah pihak, antara Pj. Desa Campurejo dengan Dekan FTIK dan Dekan Fakultas Hukum UHT, Dr. Chomariyah, SH., MH. ks.humas@uht.