Rektor UHT sumbang 1 ekor Sapi Jantan untuk Qurban www.hangtuah.ac.id

Rektor UHT sumbang 1 ekor Sapi Jantan untuk Qurban www.hangtuah.ac.id

Gema Takbir di masjid berkumandang pelan nan syahdu dimulai sejak  waktu Shubuh seharian di lokasi Masjid Uswatun Hasanah Ila Taqwa (UHT) Universitas Hang Tuah, Keputih Sukolilo Surabaya. Minggu, 11 Agustus 2019.

Masjid berkubah Biru laut dengan satu menara kubah pelangi menjulang di tengah area lokasi kampus Laut Biru UHT hari itu sedang mengadakan  kegiatan ibadah Sholat Iedul Adha bersama jamaah Civitas Akademika UHT terdiri dari Dosen, Karyawan , dan Mahasiswa serta Masyarakat sekitar kampus Laut Biru, kegiatanpun berlanjut dengan pemotongan Hewan Qurban.

Di hadapan para jamaah sholat Iedul Adha masjid Uswatun Hasanah tahun ini, Ustadz Dr. Agung Purniawan, ST., M.Sc, Dosen ITS Surabaya, Khotib penceramah masjid sengaja mengangkat tema: Mengambil Ibrah sejarah Qurban untuk meningkatkan prestasi. Sebagai umat Islam yang beriman sudah sepatutnya meniru dan melakukan percontohan dan Suri Tauladan Nabi Besar Ibrahim. AS dan putranya Nabi Ismail. AS, yang benar benar secara Tulus, Ikhlas, tabah dan sabar serta Tawakal menerima Ujian dan Cobaan dari Allah SWT yaitu: Ibrahim di utus oleh Allah untuk menyembelih putra kesayangannya Ismail demi tujuan akhir untuk kesempurnaan Imannya. Dan oleh Allah pada saat itu lewat malaikat Jibril akhirnya di gantikanlah Ismail dengan seekor Domba.

Ini merupakan kebesaran nyata Allah untuk Rosulnya. Pada intinya hingga saat ini, kita sebagai orang Islam yang beriman harus percaya diri dengan segala Munajad dan Doa doa yang pernah di mintakan Nabi besar Allah Ibrohim As kepada umatnya dan umat generasi berikutnya, umat Nabi Muhammad SAW hingga saat ini.

Sebagai bukti nyata tentang keberadaan pelaksanaan rukun Islam yang ke Lima ialah Ibadah Haji, yang di dalamnya terdapat pula rukun dan syaratnya menyembelih Hewan Qurban. Dan ini adalah satu bukti contoh keteladanan Nabi besar Ibrohim AS yang hingga saat ini sampai akhir zaman nanti tauladannya tidaklah lekang oleh waktu.

Menurut Sugeng Marsudi, Amd., ST., ATT-II Dosen Diploma Pelayaran, selaku Ketua Panitia Sholat Idul Adha dan pemotongan hewan Qurban masjid Uswatun Hasanah UHT, dirinya di bantu beberapa staf panitia sebagai wakil kepanitiaan pelaksana hari raya Iedul Adha dan Qurban: Sugiono mahasiswa FTIK angkatan 2017, Ketua UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) KI (Kerohanian Islam) UHT Gatra, mahasiswa FTIK angkatan 2016 dan kawan kawan serta Takmir Masjid.

Tahun 1440H/ 2019 kepanityaan hari besar Islam UHT telah membagikan 375 kupon hasil dari pelaksanaan pemotongan hewan ternak Qurban sebanyak: 3 ekor Sapi, 1 ekor dari Rektor UHT, Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.AP., MH, 1 Ekor Sapi Kolektif para Dosen dan 1 ekor sumbangan Yayasan Nala, 5 ekor Kambing dari Dosen, Karyawan dan Mahasiswa Psikologi serta Kedokteran.

Kesemuanya hewan ternak tersebut telah didistribusikan oleh panitia langsung kepada yang berhak menerimanya masyarakat warga Keputih lingkungan kampus dan Pegawai UHT.   ks.humas@uht.