FTIK UHT lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Pesisir Utara Pulau Jawa Campurejo Gresik. www.hangtuah.ac.id

     

FTIK UHT lakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Pesisir Utara Pulau Jawa Campurejo Gresik.  www.hangtuah.ac.id

Jumat, 09 Agustus 2019. Acara Baksos (Bakti Sosial) dalam rangka Pengabdian Masyarkat (Penmas) oleh Dosen dari Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya yang di pimpin Ketua Panitia Pelaksana Dwi Setiono, ST, M.MT.  yang menjabat sebagai Wakil Dekan III FTIK-UHT di Balai Desa dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Campurejo, kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik Jawa Timur, untuk melakukan sosialisasi penyuluhan di hadapan masyarakat kelompok Nelayan, terkait dengan pembelajaran cara membuat Kapal Ikan Kayu Tradisional dengan mudah, simple dan Efektif oleh nara sumber: Ali Azhar, ST., MT, Solusi cara menghemat Bahan Bakar Solar Diesel untuk operasional Kapal Ikan, Hadi Prasutiyon, ST., MT, Memanfaatkan Solar Cell Energy Sinar Matahari, untuk kebutuhan Lampu penerangan sehari hari Listrik Kapal Ikan di tengah Laut, Belly Yan Dewantara, ST., MT, Memanfaatkan pengoperasionalan alat Deteksi Penjejak Populasi Ikan di tengah Laut, Ir. Rudi Siap Bintoro, MT, Pemanfaatan alat tangkap Ikan Bubu Lipat yang ramah lingkungan, Ir. Hari Subagio, M.Si dan Pelatihan Budi Daya Produksi Tambak Udang Fanamae yang mudah dan ramah lingkungan, oleh Dr.Ir. Nuhman, M.Kes.

Diakhir kegiatan sosialisasi warga, rombongan Dosen FTIK UHT secara simbolis melakukan Hibah penyerahan sejumlah alat inventaris bantu kepada kelompok Nelayan Binaan UHT yang terdiri dari: 1 set Tools Servis Part alat Bongkar Pasang Disel Kapal Ikan, menyerahkan Hibah 1 set Solar Cell system, untuk dipasang di Kapal Contoh, 1 set Display system LCD Running Text dipasang untuk lokasi TPI dan 3 set unit GPS Tracker system, Alat Pendeteksi Populasi lokasi Ikan di tengah laut, dan kesemuanya alat inventaris Nelayan tersebut oleh UHT di Hibahkan secara Gratis.

Kepada penulis Ketua Panitia Dies Natalis 32/2019 UHT, Dr. Drs. Viv Djanat P, M. AppSc, Dosen dan Dekan FTIK UHT mengatakan: “ Selesainya mereka melakukan PKS kedua belah pihak di hadapan Rektor dan Wakil Camat Panceng, antara FTIK UHT dengan Kepala Desa Sumberejo setempat, pihaknya berharap agar kedepannya Desa Sumberejo bisa dijadikan sebuah desa percontohan Nelayan binaan UHT, dan sekaligus bisa dijadikan aplikasi sumber Desa Penelitian Keilmuan IPTEKS untuk para Dosen dan Mahasiswa FTIK-UHT terkait.”     ks.humas@uht