Deklarasi Anti Hoax Pelajar SMA dan Mahasiswa Fakultas Hukum UHT

Deklarasi Anti Hoax Pelajar SMA dan Mahasiswa Fakultas Hukum UHT 

Kamis, 05 Desember 2019. Seiring dengan perkembangan waktu dan zaman kaitan lajunya Informasi digital yang lagi marak dan merambah pesat di Media Sosial (Medsos) kalangan Netizen, maka Perhimpunan Mahasiswa (Hima) Fakultas Hukum (FH) dengan komando dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, baru baru ini menyelenggarakan acara Seminar Umum Etika Pembelajaran dalam bermedia social dan sekaligus melakukan Deklarasi bersama anti Hoax, sebagai terobosan penangkalan awal Informasi Berita Hoax Dunia Maya yang sering beredar luas merambah dunia Medsos akhir akhir ini.

Acara Seminar Umum Media Sosial di hadiri Pelajar SMA dan perwakilan Hima Fakultas Hukum angkatan 2016-2019 dan perwakilan Senat Fakultas di Gedung Graha Samudera Ganesa (GSG) Pulau Benggala Kampus Laut Biru, Keputih Surabaya.

Mengambil tema: “ Social Media Education In Ethics Lead To Prevent Abomination “ Gaya Bersosial Media Remaja, bersama Nara Sumber: Reyza Fitri, SH., M.Kn (Ketua Ikatan Alumni Putri Indonesia Jawa Timur), Media Sosial dalam pendekatan Hukum Pers, Nara sumber Bambang Ariyanto, SH., MH (Dosen Fakultas Hukum UHT) dan Penegakan Hukum terhadap Kejahatan di Media Sosial (Cyber Crime) Nara sumber: Ipda Dedhi Chrisdianto, S.Sos., MH (Ditreskrimsus Polda Jatim) di buka resmi oleh Dekan Fakultas Hukum UHT, Dr. Chomariyah, SH., MH.

Menurut ketua panitia pelaksana acara Seminar Anissa Choiralla, mahasiswi FH angkatan 2018: Dirinya bersama rekan panitia Hima lainnya sengaja melibatkan perwakilan anak muda millennial, dengan mengundang mitra SMA dan mahasiswa yang hadir di acara Seminar Umum sebagai pengguna sarana Medsos sehari hari, agar mereka ikut terlibat langsung bersama pembicara pakar Hukum Nara Sumber dalam mengupas tuntas fungsi Internet serta aplikasi Medsos HP di Dunia Maya.

Harapan Nara Sumber di tinjau dari sudut perspektif Hukum, setidaknya pengguna Medsos tau dan mau bertindak preventif akan kehati hatian, memikirkan dampak positip dan negatipnya dalam setiap akan melaksanakan Share dan Upload Tulisan, Gambar dan sejenisnya yang bersifat Hoax dan tendensi rasa kebencian berhubungan dengan Informasi Publik yang berakibat fatal dan dapat berakhir di Peradilan.

Hadir dalam acara: Wakil Dekan I FH Dr. Ninis Nugraheni, SH., MH, WD II  UHT Nurul Hudi, SH., MH, Kaprodi S1 FH, Dita Birahayu, SH., MH, Kaprodi S 2 FH, Prof. Dr. M. Khoirul Huda, SH., MH, Pres Bem FH Zendy Okky, SMA Wijaya, SMK Adikawacana, SMA Yapita, SMKN 10 Surabaya, SMA Al Uswah Surabaya.  ks.humas@uht.