Lomba Hang Tuah Robot Cup 2020 di buka Dekan FTIK.

Lomba Hang Tuah Robot Cup 2020 di buka Dekan FTIK.

Surabaya. 05 Maret 2020. Lokasi gedung Graha Samodera Ganesa (GSG) kampus Laut Biru Universitas Hang Tuah (UHT), Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) Dr.Drs.Viv Djanat P, M. AppSc, di dampingi Kepala Jurusan Teknik Elektro (TE) UHT, Iradiratu Diah PK,ST,MT. dan ketua panitya pelaksana acara Lomba Hang Tuah Robo Cup (HTRC) IX / 2020, Rafli Setiawan Zulkifli, mahasiswa TE UHT 2018 melakukan pemukulan Gong sebagai tanda resmi dibukanya acara lomba HTRC IX / 2020.

Menurut Sekertaris Prodi TE UHT, Joko Subur, ST., MT, melalui tema yang di usung National Robot Competition Line Tracer semi Transformer 2020 berharap, ajang kompetisi lomba kali ini mahasiswanya angkatan 2017-2019 tergabung dalam wadah Himpunan Mahasiswa (HIMA) prodi Teknik Elektro, FTIK UHT dapat mengenalkan tepat sasaran keilmuan Elektronikanya lewat jalur hoby prestasi, kontes lomba robotika bagi kalangan pelajar untuk tingkat SMP & SMA sederajat.

Kriteria yang di lombakan kali ini meliputi Line Tracer Analog (LTA) semi Transformer, yaitu model robot yang dirancang khusus untuk bisa membaca garis lintasan dan rintangan melalui sensor serta membawa model beban dalam kranjang (Penilaian menggunakan kecepatan ketepatan waktu dan poin terbanyak).

Dalam kesempatan yang sama hal senadapun di benarkan oleh Kepala Jurusan Teknik Elektro Iradiratu, menurutnya Lomba HTRC tingkat Nasional tahun ini diikuti oleh 41 tim sekolah yang hadir.  24 tim dari SMP & 17 tim mewakili dari SMA.

Semua peserta yang hadir tujuannya sama, ingin menang dalam perlombaan memperebutkan Trhopy bergilir Piala Gubernur Jatim dan Trhopy Juara I-III serta Uang dana pembinaan atlit sebesar 7.200.000 rupiah serta Voucher pelatihan PLC di Laboratorium Konveksi Energi gedung Grouw Center Pulau Salando UHT Lantai II dan Bea Siswa Arduino dan TOT dari Ridobot Yogyakarta (agen mitra elektro TE UHT).   ks.humas@uht.