Tes Potensi Skolastik (TPS) & Tes Kesehatan Jiwa PMB UHT Gelombang II TA 2020/2021 secara On Line

Tes Potensi Skolastik (TPS) & Tes Kesehatan Jiwa PMB UHT Gelombang II TA 2020/2021 secara On Line 

SURABAYA, Tes Penerimaan Mahasiswa Baru gelombang II Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya T.A. 2020/2021 untuk mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Prodi Farmasi dilakukan menggunakan Tes Skolastik secara On Line.

Hal ini menyangkut penyesuaian kondisi darurat Pandemic Covid-19. Namun dalam hal kebijakan tes penerimaan mahasiswa, UHT tetap mengedepankan mutu dalam penjaringan memilih dan memilah para calon mahasiswa baru.

Pelaksanaan Tes Skolastik khusus bagi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi dilaksanakan secara Daring On Line serempak, hari Sabtu, 27 Juni 2020. Disamping calon mahasiswa diminta persyaratan khusus surat sehat dari Rumah Sakit/dokter resmi setempat, dilaksanakan pula Tes Kesehatan Jiwa pada hari Selasa tanggal 30 Juni 2020.

Kebijakan jalur tes tersebut, ini dilakukan oleh tim panitia PMB UHT TA: 2020/2021 sebagai satu persyaratan mutlak dikhususkan untuk menjadi calon mahasiswa fakultas kedokteran dan kedokteran gigi di Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya.

Tes Sholastik dipilih, karena merupakan satu metode tes, di dalamnya sarat akan methode keilmuan: dapat mempresentasikan potensi akademik seseorang, juga terdapat kaidah pelajaran umum lain.

Sedangkan tes Kesehatan Jiwa diperlukan, karena kedepan hasil tes ini menjawab hasil akhir dari potensi kejiwaan seseorang, tes Kesehatan Jiwa berguna pula untuk menilai kepribadian, mengidentifikasi tingkat kelabilan, stres dan gambaran kinerja calon mahasiswa kaitan dalam mendukung proses dinamika pembelajaran, bilamana yang bersangkutan kelak berhasil masuk jenjang perkuliahan di fakultas kedokteran dan kedokteran gigi UHT.

Peserta tes yang telah terdaftar masuk sebagai calon mahasiswa baru Fakultas kedokteran umum, kedokteran gigi & prodi Farmasi UHT berasal dari seluruh penjuru wilayah tanah air Indonesia.

Secara Daring On Line & serempak hari itu mereka masing masing mengerjakan tugas materi soal yang telah di berikan oleh panitia PMB UHT secara On Line dalam kurun waktu kurang lebih selama 120 menit, dan diselesaikan secara On Line dari rumah masing masing

Menurut Wakil Rektor I Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, drg., MS. selaku ketua panitia PMB UHT: “Tes ini cukup simple dan representative, bersama kawan kawan tim panitia seleksi PMB dalam melakukan penjaringan calon mahasiswa dalam situasi kondisi Physical Social Distancing dan kondisi darurat Pandemic Covid-19, panitia akan memberikan arah kebijakan, disamping penilaian hasil akhir tes yang telah di laksanakan, panitia juga akan mengevaluasi dan mempertimbangkan hasil akhir nilai raport tertinggi unggulan dari masing masing calon seleksi sebagai bahan pertimbangan masuk UHT”.

Para calon mahasiswa seleksi akhir tes Potensi Skholastik, bisa melihat hasil akhir tes di laman web: pmb.hangtuah.ac.id, pada hari Minggu 28 Juni 2020 guna mempersiapkan diri maju pada babak tahapan tes berikut Kesehatan Jiwa secara On Line, Selasa 23 Juni 2020.

Dan seluruh peserta tes PMB UHT gelombang II TA: 2020/2021 (fakultas kedokteran, kedokteran gigi, Farmasi, Diploma Pelayaran, fakultas Hukum, fakultas Psikologi, FISIP, FTIK (Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Elektro, Oseanografi, Perikanan) hari Jumat tanggal 3 Juli 2020 serempak bisa melihat hasil akhir tes, diterima resmi sebagai calon mahasiswa UHT di laman web:pmb.hangtuah.ac.id.          ks.humas@uht.