Tes Potensi Skholastik (TPS) dan Tes Kesehatan Jiwa (Keswa) On Line PMB UHT TA: 2020/2021 Gel III berjalan Lancar & Sukses www.hangtuah.ac.id

Tes Potensi Skholastik (TPS) dan Tes Kesehatan Jiwa (Keswa) On Line PMB UHT TA: 2020/2021 Gel III berjalan Lancar & Sukses www.hangtuah.ac.id

SURABAYA, 31 Agustus 2020. Telah dilaksanakan penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Hang Tuah (UHT) gelombang III. Mempertimbangkan kondisi pandemi dan untuk mencegah penularan Covid-19 ujian dilakukan secara on line dari rumah masing-masing calon mahasiswa yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Bentuk tes masuk menggunakan TPS (Tes Potensi Skolastik) dan Tes Kesehatan Jiwa (Keswa) secara serempak guna memfasilitasi dan mempermudah para calon mahasiswa yang dilakukan secara on line.

Menurut Wakil Rektor (WR) I Dr. Dian Mulawarmanti, drg., MS.. TPS adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi yang dimiliki seseorang. Dalam tes ini, calon mahasiswa akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum. Tes ini dapat mengetahui apakah seseorang mempunyai potensi untuk masuk ke perguruan tinggi. Bentuk tes ini telah dilakukan pada gelombang II yang dilksanakan secara  on line dengan peserta yang berasal hampir dari seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan tes Kesehatan Jiwa diperlukan, karena kedepan hasil tes ini menjawab hasil akhir dari potensi kejiwaan seseorang, yang berguna  untuk menilai kepribadian, mengidentifikasi tingkat kelabilan, stres dan gambaran kinerja calon mahasiswa kaitan dalam mendukung proses dinamika pembelajaran, bilamana yang bersangkutan kelak berhasil masuk jenjang perkuliahan di fakultas kedokteran dan kedokteran gigi UHT.

Selain melaksanakan uji TPS, calon mahasiswa diwajibkan melengkapi persyaratan khusus yaitu surat sehat dari Rumah Sakit/dokter resmi setempat. Kebijakan jalur tes ini dilakukan oleh tim panitia PMB UHT TA: 2020/2021 sebagai satu persyaratan mutlak, dikhususkan untuk para calon mahasiswa fakultas kedokteran dan kedokteran gigi di Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya.

Dalam melakukan penjaringan calon mahasiswa di masa pandemi Covid-19 dengan memperhatikan  kondisi Physical Social Distancing, panitia tetap akan memberikan arah kebijakan, disamping penilaian hasil akhir tes yang telah dilakukan, juga akan dievaluasi dan dipertimbangkan hasil akhir dari nilai raport tertinggi, prestasi akademik, prestasi olah raga, seni dan budaya yang pernah dimiliki sebagai pendamping dan pembanding para calon  untuk masuk UHT.

Para calon mahasiswa seleksi akhir tes Potensi Skholastik, bisa melihat hasil akhir tes di laman web: pmb.hangtuah.ac.id, pada hari Jumat, 4 September 2020, Pk: 22.00 WIB, kemudian dilanjutkan tes  Kesehatan Jiwa secara On Line, pada hari Minggu, 6 September 2020, Pk: 9.00 WIB

Seluruh peserta tes PMB UHT gelombang III TA: 2020/2021 (Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Diploma Pelayaran, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, FISIP, FTIK (Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Elektro, Oseanografi, Perikanan) pada hari Kamis , 10 September 2020, Pk: 22.00 WIB serempak bisa melihat hasil tes akhir , diterima resmi sebagai calon mahasiswa UHT di laman web:pmb.hangtuah.ac.id. Dilanjut regestrasi ulang pendaftaran ,hari Senin, 14 September – Selasa 22 September 2020. ks.humas@uht.