Serah Terima Jabatan Rektor baru Universitas Hang Tuah

 

Serah Terima Jabatan Rektor baru Universitas Hang Tuah  

Serah terima jabatan (Sertijab) merupakan dari sebuah tuntutan waktu bagian dari  sisi kaderisasi personel, bisa juga bagian penyegaran dari perjalanan sebuah Organisasi.

Hal yang menarik dan patut disimak dari perjalanan panjang Universitas Hang Tuah (UHT) di usianya ke 33 tahun saat ini adalah: telah mendapatkan sertifikat sebuah pengakuan autentik berupa Sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 tentang Manajemen Pendidikan, serta ada kemajuan pesat terkait dicapainya klusterisasi peringkat Unggulan perguruan tinggi.

Menurut catatan Kepala LL Dikti wilayah VII, Prof. Dr.Ir. Suprapto DEA, dalam pidatonya di hadapan undangan tamu, pada saat acara Wisudawan UHT, adanya peningkatan peringkat yang signifikan di capai oleh UHT terkait klusterisasi nominasi perguruan tinggi unggulan, dan ini bisa di lihat datanya sejak di mulai awal tahun 2016, dimulai dari nominasi peringkat perguruan tinggi urut 162, tahun 2017 meningkat menjadi nominasi urut 14, tahun 2018 masuk peringkat 12 dan di akhir tahun 2019 UHT mencapai puncaknya masuk 10 besar, masuk urut peringkat klusterisasi sebagai kampus unggulan nomor 9.

Alumni AAL XXV, Laksda TNI (Purn) Dr. Ir. Sudirman, S.IP., S.E., M.AP., M.H, sejak: 2014-2016, 2016-2020. Dua kali periode berturut menjabat sebagai Rektor ke 6 (Enam) UHT. Peraih Adhi Makayasa AAL ini telah mampu menunjukkan prestasi kemampuannya membuat terobosan manuver nyata, sebagai Motivator dan Inisiator tim membawa Kampus Laut Biru maju ke puncaknya untuk menuju  posisi peringkat  129 dari 4.670 perguruan tinggi seluruh Indonesia versi PD. Dikti Nasional.

Selasa, 15 September. Melalui Surat Keputusan Ketua Pembina Yayasan Nala, (Lembaga Pengelola Universitas Hang Tuah (UHT)), ter nomor Kep/70/VII/2020, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Yayasan Nala dan Satuan Pendidikan, bertempat di ruang Seminar gedung Rektorat Pulau Enggano Universitas Hang Tuah, Keputih Surabaya, dilaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Rektor UHT, dari pejabat lama Laksda TNI (Purn) Dr. Ir. Sudirman, S.IP., S.E., M.AP., M.H kepada pejabat pengganti Rektor UHT baru, Laksda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M. CIQaR.

Prof Supartono sebagai alumni AAL XXIX dalam catatan dinas sebelumnya pernah menjabat sebagai Komandan STTAL Surabaya, Sekdiskomlek Mabesal, Kadis Senlekal, Kadisdikal, Kasatwas Universitas Pertahanan (UNHAN), Ka LP3M UNHAN, Warek II Bid Umum dan Keuangan Universitas Pertahanan serta jabatan akhir sebagai Dosen tetap UNHAN.

Senin, 14 September 2020. Satu hari sebelum acara Sertijab dilaksanakan, telah dibacakan berita acara Memorandum Sertijab Rektor, oleh Dr. Sudirman, di hadapan calon pengganti Rektor baru UHT ke 7 (Tuju) Prof. Supartono, dihadapan seluruh pejabat Senat UHT, Guru Besar, Dekan, Direktur PDP, Kasatker terkait.

Upacara Sertijab Rektor berjalan khidmat dan lancar, di awali dengan tradisi, proses pelepasan Kaleng Gordon oleh Irup: Ketua Pengurus Yayasan Nala, Djoko Teguh Wahoyo, SH., M.M. kepada pejabat Rektor UHT lama Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., M.AP., MH untuk selanjutnya di kalungkan kepada pejabat pengganti Rektor UHT Baru Prof. Dr. Supartono. M.M., CIQaR.

Hadir dalam acara Sertijab Rektor, Amggota Pembina Bidang Umum Yayasan Nala, Ketua Pengawas Yayasan Nala, Kabag Dirpers Yayasan Nala, Pejabat Senat UHT, Wakil Rektor (WR) I, WR II, WR III UHT, Dekan, Direktur PDP, Kasatker .  Ks.humas@uht