Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah Lakukan Program Kemitraan Masyarakat lewat aksi Edukasi Pendidikan Kesehatan Gigi & Mulut media PAGI (Pahlawan Gigi) di KB Taam Avicena Surabaya. www.hangtuah.ac.id

Kedokteran Gigi U H T Lakukan Program Kemitraan Masyarakat lewat aksi Edukasi Pendidikan Kesehatan Gigi & Mulut media PAGI (Pahlawan Gigi) di KB Taam Avicena Surabaya. www.hangtuah.ac.id

Media edukasi PAGI adalah sebutan nama tim yang di awaki oleh beberapa personel Dosen dan mahasiswa Akademik dan Profesi dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah (UHT),

Media edukasi PAGI melakukan terobosan program kemitraan Masyarakat, lewat tindakan Edukasi penyuluhan kesehatan gigi, di lingkungan Kelompok Bermain (KB) anak, Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Avicenna di kawasan Sukolilo Baru Surabaya.

Berbekal disiplin keilmuan yang disandang serta kucuran Dana Pengmas yang di dapatkan dari badan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Deputi Bidang Penguat Riset dan Pengembangan Kementrian Riset dan Teknologi / Badan Riset Inovasi Nasional, Dosen Kedokteran gigi UHT drg. Agni Febrina P., M.Kes bersama tim, drg. Aulia Dwi Maharani, M.Kes (Dosen FKG UHT), Fauziah Julike Patrika, S.Psi., M.Psi (Dosen Psi UHT), serta melibatkan anak didik mahasiswa tingkat akademik dan profesi kedokteran gigi, melakukan tindakan edukasi Penyuluhan kesehatan gigi untuk anak balita usia Dini.

Berdasar Release yang di terima dewan redaksi, hasil penelitian, dan evaluasi yang di dapatkan terhadap anak anak Balita Usia Dini di lembaga Kelompok Bermain (KB) anak, Taman Asuh Anak Muslim (TAAM) Avicenna, terdapat anak yang rentan terhadap sakit gigi, dengan problem gigi berlubang, keropos dan Karies.

Sebelum dilakukan langkah pencegahan dan pengobatan, tim melakukan aksi persuasive mendalami pemahaman level tingkat nalar anak, sebab akibat mereka giginya sakit, serta solusi jawaban tingkat pemahaman permasalahan sakit.

Menurut sumber informasi yang di dapat, ini sangat menarik dan bahkan ke tingkat level pemahaman Informasi anak tentang edukasi PAGI tim terkait kesehatan gigi, mereka terima sangat baik dan lancar, ini berkat media alat peraga yang dibawa oleh tim media edukasi PAGI berupa: Panggung Boneka, Flip Chart kesehatan gigi, kalender menggosok gigi, dan Ular Tangga gigi dan materi DHE

Berbekal program pembekalan media edukasi PAGI (Pahlawan Gigi) dilaksanakan secara rutin berkala selama bulan Juli hingga Oktober 2020, serta pendampingan guru dan dorongan orang tua anak, tim merasa optimis puas, sebab kedepannya sedikit demi sedikit berangsur pasti akan lebih baik dan akan cepat teratasi segala permasalahan sakit gigi yang di derita dan dikeluhkan oleh anak anak, berharap kedepan secara bertahap anak akan sadar dengan sendirinya serta berusaha untuk lebih baik dengan rajin melakukan sikat gigi,

Hasil catatan Data Riskesdas tahun 2018, menunjukkan prevalensi permasalahan gigi dan mulut di Indonesia sebesar 57.6 %, bahkan prevalensi gigi berlubang (karies) gigi pada anak usia dini dan sekolah sangat tinggi yaitu 93%.

Tingginya angka karies dan permasalahan kesehatan gigi dan mulut dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kurangnya kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Merujuk pada permasalahan mitra bahwa siswa/siswi di KB Taam Avicenna selama ini belum pernah mendapat edukasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik dan benar, padahal pengetahuan mengenai pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini.

Dan kegiatan UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah), Pemeriksaan gigi dan mulut untuk mengetahui angka keparahan gigi karies juga belum pernah dilaksanakan.

Dalam melaksanakan pendidikan kesehatan gigi dan mulut atau Dental Health Education (DHE) maka diperlukan metode pembelajaran khusus yang komunikatif dan efektif dengan cara media pembelajaran yang menarik untuk di sampaikan kepada anak anak.

Efektivitas media edukasi PAGI (Pahlawan Gigi) dalam mendukung proses penyampaian pendidikan kesehatan gigi dan mulut atau Dental Health Education (DHE) terlihat dari hasil kegiatan evaluasi akhir, melalui alat media edukasi PAGI dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa/siswi KB Taam Avicenna Surabaya terhadap pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Melalui media edukasi PAGI ini materi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat disampaikan secara menyeluruh dengan merangsang anak menjadi lebih aktif belajar, mampu menarik perhatian anak dalam kegiatan belajar, dan meningkatkan rasa senang dan gembira pada anak.

Media edukasi PAGI menerapkan metode edukasi audio visual yang tidak hanya menggunakan Boneka Puppet, karakter hewan, dan Boneka Gigi  dalam panggung, namun juga mengajak anak untuk berinteraksi dengan bernyanyi, menari, serta bersama-sama memperagakan cara menggosok gigi dengan teknik yang benar melalui musik dan lagu, hal ini membuat siswa/siswi tidak hanya melihat dan mendengar, namun juga menirukan dan melakukan.

Kesimpulan hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat yang telah berjalan ini adalah media edukasi PAGI (Pahlawan Gigi) menjadi media yang efektif terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa/siswi KB Taam Avicenna Sukolilo Baru Surabaya, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu media edukasi dalam melaksanakan pembelajaran maupun melaksanakan pendidikan kesehatan gigi dan mulut pada anak anak tingkat sekolah.     Ks.humas@uht2020.