Tim Kewirausahaan Mahasiswa Uht Raih Juara 3 Pada Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Tahun 2020

 

Tim Kewirausahaan Mahasiswa Uht berhasil Raih Juara 3 Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Tahun 2020

Tanggal 4-5 Desember 2020 Direktorat Belmawa Kemendikbud RI menyelenggarakan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) ke-XI Tahun 2020.

Dalam rangka implementasi kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melaksanakan program Wirausaha Kampus Merdeka yang terdiri dari Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI), Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI), Pendampingan Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI), Workshop Kewirausahaan dan Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI).

Dari berbagai rangkaian kegiatan program Wirausaha Kampus Merdeka tersebut, tim wirausaha mahasiswa UHT telah berhasil memenangkan beberapa kompetisi, antara lain:

  1. Dua Tim Wirausaha berhasil memenangkan pendanaan pada program Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) dengan total dana mencapai Rp. 30.000.000,- . Tim yang berhasil mendapatkan dana adalah:
  • Tim Bakso HiOMe (hijau oranye merah) dari Prodi Psikologi dengan ketua Tim Fia Risma Maulidiyah, dan anggotanya: Elfriska Auly Adenia, Yusril Abdel Aziz, Ignasius Eka Bimantara, Firda Amelia.

Bakso HiOMe adalah bakso warna-warni yan terbuat dari buah dan sayur.

  • Tim Nonamanis Desserts dari Prodi Oseanografi dengan ketua Tim Fairur Rizky, dan anggotanya: Annur Aziezier Bahar dan Zuwinta Paramitha. Nonamanis Desserts adalah cemilan manis kekinian yang berbahan cake, es krim, dan bahan tambahan lain sebagai topping.
  1. Satu Tim Wirausaha berhasil masuk nominasi 100 besar ASMI (Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia), yaitu Tim Bisnis Kopi Asumsi dengan ketua Tim Helga Yoan Ledymeyer Timbayo dari Prodi Profesi Kedokteran, dengan anggotanya: Sabriantoro Pratama D., dan Edwin Timotius Martua.

Tim Wirausaha Mahasiswa ini selama mengikuti rangkaian kegiatan Program Wirausaha Kampus Merdeka, selalu didampingi oleh Dosen PWMI (Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia) yang ditetapkan oleh Belmawa sebagai Dosen Pendamping Wirausaha yang mewakili UHT, yaitu Dr. Nirmalasari Idha Wijaya, S.Pi.,M.Si., MH. yang juga merupakan Kepala Pusat Karir di Universitas Hang Tuah.

Di akhir rangkaian kegiatan Program Wirausaha Kampus Merdeka, ketiga tim wirausaha mahasiswa UHT ini mengikuti kegiatan Expo KMI-XI 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 Desember 2020 dengan tuan rumah Universitas Agung Podomoro. Expo KMI XI ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Hopin.

Pada puncak acara Expo dilakukan penjurian KMI Award untuk berbagai sub kategori, yaitu:

  1. a) Industri makanan dan minuman
  2. b) Industri jasa dan perdagangan
  3. c) Industri teknologi
  4. d) Industri kreatif
  5. e) Industri produksi/budidaya
  6. f) Industri Digital

Dan yang membanggakan Tim Wirausaha Bakso HiOMe berhasil menyabet juara ke-3 pada kategori KBMI sub kategori industri makanan dan minuman. Prestasi ini sangat membanggakan mengingat begitu banyak peserta yang mengikuti Expo ini dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Tim wirausaha mahasiswa yang mengikuti Expo KMI XI dari seluruh kategori mencapai lebih dari 300 tim wirausaha, khusus untuk industry makanan dan minuman ada 181 tim.

Semoga prestasi Tim wirausaha ini menjadi langkah awal yang mendorong lebih banyak lagi prestasi wirausaha mahasiswa UHT di tahun yang akan datang. (Release Pusat Karir UHT)