83 Perwira Baru Transportasi Laut resmi di kukuhkan Rektor dalam sebuah acara Bon Voyage PDP UHT ke 53.

83 Perwira Baru Transportasi Laut resmi di kukuhkan Rektor dalam sebuah acara Bon Voyage PDP UHT ke 53. 

SURABAYA. 83 (Delapan Puluh Tiga) Perwira Pelaut Korps Nautika & Permesinan Kapal Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya sore itu tampak rapi dan gagah dengan pakaian kebesaran Dinas Upacaranya Pelaut Putih putih dan berpedang. Kamis, 22 April 2021.

Agenda upacara Bon Voyage, di rayakan oleh Program Diploma Pelayaran (PDP) UHT saat itu tepat pada waktu penggelaran kelulusan 83 Perwira Muda Transportasi Laut yang saat ini telah berakhir masa studinya selama 3 tahun Pendidikan di kampus Laut Biru PDP UHT, Keputih Sukolilo Surabaya.

Upacara Bon Voyage ke 53, TA: 2021 kali ini di pusatkan di halaman apel Gedung Pulau Manterawu UHT, dengan Inspektur Upacara Rektor UHT Laksda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR,

Upacara diikuti segenap peserta yang terdiri dari satu kompi barisan jajar kehormatan Drum Corps Gita Jala Sena Program Diploma Pelayaran UHT, Satu kompi 35 Perwira Muda Nautika, 48 Perwira Muda Teknika (Permesinan Kapal) serta satu peleton Taruna PDP gabungan korps Nautika, Teknika .

Acara dimulai dengan dilakukannya laporan 83 kelulusan Perwira Muda Transportasi Laut untuk semester Gasal TA: 2020/2021. oleh Wakil Direktur I PDP Mudiyanto, S.AB., ANT-II., MM kepada Irup, dan di lanjutkan dengan Irup melakukan penanggalan tanda siswa serta melakukan penyematan tanda pangkat baru khusus Perwira Muda Pelayaran Transportasi Laut.

Penyematan dilakukan kepada: perwakilan Perwira Transportasi Laut dengan IPK tertinggi serta penyandang ke lulusan terbaik perwakilan di korps

Perwira Muda Roy Ahmad Hidayatullah, NIM 20160110078 (IPK 3,71) Korps Nautika  Perwira Muda Heri Candra Kirana, NIM 20160120038 (IPK 3,71), Diki Heri NIM 20160120023 (IPK 3,64) Korps Teknika.

Percikan Air 7 Samudera, adalah pengibaratan air suci steril yang tersimpan dan terjaga rapi dalam sebuah Guci oleh Poltar (Polisi Taruna) sebagai pengawasnya, maksut dan tujuannya adalah air tersebut di ibaratkan sebagai wahana  air pensucian diri jiwa perwira muda transportasi laut agar kedepannya di harapkan sebagai kesatria perwira muda Transportasi Laut harus tangguh, siap mentalJ iwa & Raganya, punya keberanian tinggi dalam mengawaki kapal untuk menembus ombak samudera raya.

Dalam amanat Rektor dihadapan seluruh peserta upacara dan undangan yang hadir terkait, berharap “Kedepan sejumlah 83 Perwira Muda Pelayaran yang berhasil lulus dan dilantik saat ini, sudah harus memiliki sikap nilai juang dan bermental baja, punya kemampuan skill kelautan tinggi, serta punya daya saing tinggi dalam menghadapi persaingan global di semua sektor lini saat ini.”

Untuk institusi lemdik PDP, Rektor berharap “Program Diploma Pelayaran UHT harus punya kesiapan daya saing tinggi dalam menjaga mutu kualitas dan kwantitasnya sebagai Lemdik pencetak kelulusan,perwira muda kelautan, tingkatkan selalu mutu kuwalitas, profesionalitas SDM, Dosen dan Tenaga kependidikannya, Lengkapi diri sarana dan Prasarana pengajaran,di semua lini, terpenting adakan perubahan perbaikan metode pembelajaran yang senantiasa ter up date selaras dengan mutu kualitas kurikulum yang di rekomendasikan oleh Dirjen Perhubungan Laut RI dan Kemenristekdikti RI.”

Standarisasi sertifikat berbasis ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 memang  saat ini telah dimiliki oleh UHT, akan tetapi untuk menjawab tantangan Zaman, kedepan terkait rekonstruksi kurikulum pendidikan tinggi yang responsive terhadap revolusi industry; rekonstruksi kurikulum dengan pendekatan human digital dan keahlian berbasis digital, Lembaga pendidikan PDP haruslah selalu meng up grade meningkatkan mutunya dengan tujuan: Pencapaian maksimal era revolusi Industri 4.0 sesuai dengan harapan Presiden RI, Ir. Joko Widodo. .

Di akhir acara dilakukan penyerahan daftar nama kelulusan Perwira Muda Pelayaran Transportasi Laut kepada Ketua Alumni Pelayaran Transportasi Laut Capt. Tenry Rana Situmorang, M.Mar. oleh Direktur PDP UHT Djamaludin Malik, SE., M.AP., ANT-II.

Hadir dalam acara Bon Voyage ke 53, Wakil Rektor (Warek) I UHT Dr. Hj Dian Mulawarmanti, drg.MS, Warek II UHT Laksma TNI (Purn) Bambang Sucahyo, drg., Sp.Ort, Warek III UHT, Laksda TNI (Purn) Dr. Sulistiyanto, SE., MM., M.Sc., PSC, Dekan, Kasatker UHT, Pengurus harian Yayasan Nala, Dirjen Hubla, Dirjen Bea Cukai, Syahbandar, Pelindo III, Distrik Navigasi, Poltekpel, PT. Kontainer dan Keluarga Perwira Muda Pelayaran Transportasi Laut.     ks.humasuht@2021