Melalui Asesmen Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Rektor menjawab tantangan keluhan SDM Dosen Pelayaran UHT .

Melalui Asesmen Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Rektor menjawab tantangan keluhan SDM Dosen  Pelayaran UHT.

SURABAYA. Kampus Laut Biru, Program Diploma Pelayaran (PDP) Universitas Hang Tuah melaksanakan Asesmen Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL) tipe B1, selama 2 hari mulai tanggal 28 sampai 29 April 2021. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Hang Tuah (UHT) Laksda TNI (Purn) Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQar, yang diwakili oleh Wakil Rektor (Warek) 1 UHT Dr. Hj. Dian Mulawarmanti, drg., MS*.

Dalam sambutan tertulis Rektor di bacakan oleh Warek 1 menyampaikan, “ Sebagai Pendidikan Tinggi Vokasi Kemaritiman, Program Diploma Pelayaran (PDP) UHT hingga saat ini masih memiliki kendala tantangan yang harus segera di selesaikan serta di carikan solusi jalan keluarnya oleh pimpinan Rektorat “

Terkait SDM Dosen tetap PDP-UHT, untuk saat ini dirasa masih kurang banyak  tenaga Dosen yang berkualifikasi dan memiliki standar mutlak kelengkapan administrasi akademik secara Linier.

Recognisi Pembelajaran Lampau atau Recognition of Prior Learning (RPL) adalah proses pengakuan resmi dan bersertifikat dari Lembaga Direktorat Pembelajaran dan kemahasiswan, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI atas capaian pembelajaran seseorang yang pernah dilaksanakan sebelumnya dengan melalui pendidikan formal, non-formal, informal atau kepelatihan, terkait dengan pekerjaannya baik dilakukan secara otodidak atau pengalaman Kerja resmi.

Dengan tujuan peningkatan profesi dan mutu SDM untuk memenuhi persyaratan mutu kesetaraan Dosen profesi Pelayaran Niaga (Vokasi Kemaritiman) PDP, Pimpinan Universitas Hang Tuah Surabaya sengaja menggandeng Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut dan Organisasi Profesi Ikatan Perwira Pelayaran Niaga Indonesia (IKPPNI), didukung Tim Ad Hock RPL Program Diploma Pelayaran UHT melalui ketuanya Laksda TNI (Purn) Dr. Ir. Sudirman, S.IP., SE., MAP., MH, menyelenggarakan Asesmen Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dengan melibatkan Direktorat Pembelajaran dan kemahasiswan, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, tujuan untuk menuju ke kesetaraan level 8 yang mempunyai bobot nilai kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang di dalamnya menyangkut: *Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. *Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner. *Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan Nasional dan Internasional.

Sebelum dilakukan asesmen terhadap 16 orang Dosen tetap PDP dengan berbagai latar belakang profesi Dosen Perwira Pelayaran Niaga yang terdiri dari 10 Dosen Studi Nautika, 6 Dosen Teknika (Permesinan Kapal) sebagai peserta, ke 16 personel tersebut sebelumnya mendapatkan bimbingan khusus proses penyusunan dokumen dan pengajuan RPL dari Ketua Umum IKPPNI, Capt. Dwiyono Soeyono M.Mar. bersama sekjen II IKPPNI, R. Adhimaskin Kusuma Wardani, M.Mar.E

Kesempatan Pendidikan yang baik yang diberikan oleh negara lewat Lembaga Direktorat Pembelajaran dan kemahasiswan, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) ini dapat di manfaatkan baik baik oleh seluruh peserta didik Dosen PDP-UHT, dan hasilnya maksimal sungguh memuaskan, ke 16 peserta dinyatakan Lulus dan memenuhi syarat standar kelayakan.

Dan untuk selanjutnya hasil dari kelulusan tersebut pihak kampus berjanji akan segera mengaksi untuk menindak lanjuti hak legalitasnya di ajukan melalui LL Dikti wil VII untuk segera di terbitkan Skep Penetapannya.

Kegiatan Asesmen RPL tipe B1 yang dilaksanakan oleh Kampus Laut Biru UHT di Hotel Dafam Pasifik Caesar Surabaya,  dihadiri oleh para asesor senior berpengalaman dengan ketuanya Capt. Dr. Tri Cahyadi, MH., M.Mar dari Pusat Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut, dengan anggota Capt. Dwiyono Soeyono (IKPPNI), R. Adhimaskin Kusumawardani, M.Mar.E (IKPPNI), dan Achmad (IKPPNI).

Sebagaimana disampaikan oleh Dr. Dra. Cedaryana, M.Pd, selaku koordinator RPL Direktorat Pembelajaran dan kemahasiswan, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pada saat acara pembukaan Asesmen Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL) kampus Laut Biru, “Latar belakang dan akar permasalahan kendala tantangan SDM Dosen PDP UHT teratasi dan terjawab solusinya.”

Kedepannya kelulusan 16 Dosen profesi Perwira Pelayaran Niaga RPL segera di rekomendasikan dan di setarakan haknya dengan Level 8 KKNI (setara Magister), sehingga yang bersangkutan akan lebih intens lagi dalam mengajar, serta memperoleh lisensi legalitas pemenuhan persyaratan sebagai Dosen profesi Perwira Pelayaran Niaga yang terakreditasi ”  ks.humasuht@2021.