Universitas Hang Tuah Gelar Pengabdian Masyarakat di sentra Bulak Ikan pantai ria Kenjeran

Universitas Hang Tuah Gelar Pengabdian Masyarakat di sentra Bulak Ikan pantai ria Kenjeran

Surabaya, 29 Juni 2021, masih dalam rangkaian peringatan kegiatan Dies Natalis ke 34 tahun Universitas Hang Tuah (UHT) 1987/2021, Kampus Laut Biru yang terletak di Jalan Arif Rahman Hakim 150 Surabaya, baru baru menyelenggarakan kegiatan Pengabdian masyarakat, bersama dengan DEKOPINDA Kota Surabaya dan UPTI Makanan Minuman  dan Kemasan yang berlokasi di Kawasan Trosobo.

Sasaran dari kegiatan pengabdian masyarakat UHT kali ini adalah tim melakukan penyisiran lokasi di wilayah kawasan Usaha Mikro (UM) Sentra Ikan Bulak di Kenjeran Surabaya.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UHT Dr. RA. Nora Lelyana, drg. MH Kes, FICD kepada redaksi, dirimya selaku ketua tim sengaja memilih UM Sentra Ikan Bulak (SIB) Kenjeran karena berbagai factor alasan yang tepat, lokasi sangat strategis dan sudah sesuai dengan Visi dan Misi UHT saat ini yang sarat dengan Kemaritiman.

Tetap mengedepankan protocol kesehatan, sesuai yang di anjurkan oleh Rektor UHT Prof. Dr. Ir. Supartono, MM., CIQaR, rombongan tim yang terdiri dari  Kepala UPTI Mamin,  Wiyono SE, MM; Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Hang Tuah, Dr  RA Nora Lelyana drg MH Kes FICD, Ketua DEKOPINDA Kota Surabaya, Dr. Heru Suprihhadi SE, MS, CPM, Dekan FTIK UHT, Dr Ir Nuhman M.Kes, Dr Ir Wahyu Sulistyowati M.Kes (Dosen  prodi Perikanan) dan Caecilia Indarti drg.M.Kes.(Dosen Fakultas Kedokteran Gigi UHT) serta melibatkan 12 orang produsen sekaligus pedagang  ikan ,perwakilan dari masyarakat UM Bulak Ikan Kenjeran.yang di undang hadir di lokasi pertemuan untuk di berikan materi tambahan pembekalan perekonomian di bidang usaha Mikro penjualan ikan mentah olah..

Peserta workshop di fasilitasi dengan penjemputan armada bus dari Universitas Hang Tuah Surabaya yang di jemput dan di antar dari dari pos tunggu masing masing,peserta, selanjutnya di berangkatkan bersama dari lokasi Sentra Ikan Bulak Kenjeran menuju lokasi UPTI Mamin dan Kemasan pack di Trosobo.. Di lokasi acara dimulai dengan sambutan dari Kepala UPTI Makanan Minuman, bapak  Wiyono, SE, MM dan dilanjutkan sambutan dari Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Hang Tuah Dr  RA Nora Lelyana drg MH Kes FICD.

Dalam sambutannya Dekan FKG UHT mengatakan: “ Dimasa pandemik seperti saat ini, para pedagang tidak bisa lagi hanya menunggu dan mengandalkan pembeli untuk sekedar datang mengunjungi Sentral Ikan olah Bulak Kenjeran, memang  saat ini bangunan lokasi Bulak Ikan Kenjeran sudah mantap bagus, tapi menurut Nora, sudah saatnya pedagang ikan olah Bulak Kenjeran Surabaya trik dan icon tersendiri untuk cara pemasarannya, atau cara yang lebih dikenali lagi oleh kalangan masyarakat, contohnya: dengan cara mempromosikan produk jual ikan parinya, juga produk hasil tangkapan ikan laut lainnya, seperti contoh terung laut, teripang dan lain sebagainya yang bisa kita angkat menjadi mascot ikon ciri khas oleh2 wisata Kenjeran Surabaya.

Tim Pengmas mengharapkan, selesainya mereka dikumpulkan dan di berikan pengarahan bersama dengan materi  Workshop terkait produk kemasan unggulan yang lebih menarik dan lebih higienis lagi, tim berharap ilmu yang di dapatkan ini bisa di getok tularkan kepada mitra teman teman pengusaha ikan olahan yang lainnya, sehingga hasil dari produk kedepannya akan lebih menarik lagi dan punya nilai purna tambah dengan harga jual produk kemasan lebih tinggi dari para pembeli.yang datang.

Kegiatan Workshop Pengmas kepada pengusaha yqang hadir diawali dengan edukasi perilaku cara hidup sehat pedagang yang disampaikan oleh drg Githa Hadi Hollanda M.Kes (Dosen FKG UHT), lalu dilanjutkan dengan sosialisasi koperasi yang disampaikan oleh Ketua DEKOPINDA Kota Surabaya, Dr. Heru Suprihhadi SE, MS, CPM., dan terakhir peserta Workshop diajak tour keliling gedung produksi dan sosialisasi peran desain dan kemasan bagi UKM sekaligus praktek langsung produk kemasan dan desain, serta di tutup dengan acara diskusi dan konsultasi gratis pengusaha dengan nara sumber terkait bidang usahanya.

Turut hadir dalam pendampingan acara hingga selesai, Kepala Seksi Pelayanan Teknis UPT Industri Makanan Minuman dan Kemasan, Ibu Puspita Pramiluwati ST M.Des dan  Agus Santoso ST,  designer UPTI Makanan dan Minuman.

Saat ditemui di lokasi Caecilia Indarti drg.M.Kes (Dosen FKG UHT) menyampaikan kepada penulis: “Bahwa kegiatan ini semata bertujuan untuk meningkatkan daya nilai produk usaha mikro para pengusaha dan penjual ikan olah pari asap dan krupuk ikan Kawasan Bulak Ikan Kenjeran Surabaya, Pengmas UHT bertujuan untuk membantu pengusaha dan pedagang dalam taraf bersaing secara sehat meningkatkan daya produk yang higienis dan kemasan pantas serta membuat bahan produk ikan yang biisa bertahan awet dan lama serta tidak mudah rusak.

Dr Ir Nuhman M.Kes dan Dr Ir Wahyu Sulistyowati M.Kes juga menambahkan, “kegiatan semacam ini akan memberikan manfaat untuk pengusaha & pedagang Ikan, karena nilai produk jualnya akan lebih menarik dan lebih sesuai dengan tema Good Manufacturing Practice, salah satunya motto packing kemasan industi yang higienis. Pada Intinya hasil produk kemasan baru akan lebih bisa diterima oleh para pembeli dan akan bisa menambah penghasilan yang lebih baik lagi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan selaku pencari ikan dan pengusaha produk ikan olahan kering serta pedagang penjual ikan di lokasi Bulak Ikan pantai Ria Kenjeran Surabaya” Ks.humasuht@2021.